Rencana Ma'ruf Ambil Hati Para Perempuan

| 22 Sep 2018 13:05
Rencana Ma'ruf Ambil Hati Para Perempuan
Cawapres Ma'ruf Amin (FOTO: Tsa Tsia/era.id)

Jakarta, era.id - Perempuan adalah telah menjadi ekosistem penting dalam dunia politik. Selain berjibaku langsung menempati posisi-posisi penting dalam pemerintahan, perempuan adalah lumbung suara yang wajib dikuasai oleh siapapun peserta pemilu.

Hal itu nampaknya disadari betul oleh pasangan calon dari Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Sang cawapres, Ma'ruf Amin bahkan mengakui dukungan suara kaum perempuan adalah salah satu hal yang paling dikejar oleh kubunya.

Kata Ma'ruf, dukungan para perempuan buat dia dan Joko Widodo (Jokowi) sejatinya sudah cukup besar. Namun, Rais Am PBNU ini mengaku belum puas dengan dukungan tersebut.

"Sudah besar, sudah lebih besar tapi belum cukup. Harus diperbesar," kata Ma'ruf kepada wartawan di Rumah Aspirasi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/9/2018).

Ketua Umum MUI ini juga yakin, deklarasi dukungan Perempuan Indonesia untuk Jokowi dan Ma'ruf Amin (IJMA) bakal menambah dukungan jumlah suara perempuan bagi pasangan nomor urut 01 ini.

"Sangat yakin, semangat. Ini baru deklarasi, belum gerakannya. Perempuan efektif, hebat. Perempuan itu besar sekali pengaruhnya."

Sementara itu, Ketua Perempuan IJMA, Ida Fauziyah mengaku sudah punya cara untuk menarik suara perempuan agar mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Cocok dengan yang disampaikan Ma'ruf, kata Ida, suara pemilih perempuan sangat penting, sebab jumlah pemilih perempuan dalam Pemilu 2019 bakal lebih banyak ketimbang pemilih pria.

"Kerja-kerja pemenangan kami akan jadi juru bicara atau penyambung lidah visi dan misinya Jokowi-Ma'ruf Amin untuk segmen perempuan dan kami juga akan kerja-kerja memenangkan mengambil hati pemilih terutama perempuan," kata Ida.

Selain itu, politisi PKB ini juga bilang akan merebut suara di daerah yang bukan lumbung suara Jokowi di Pilpres 2014 termasuk di Sumatera Barat. Menurut Ida, dengan bergabungnya delapan kepala daerah di Sumatera Barat itu, akan memudahkan IJMA merebut suara perempuan di sana.

"Delapan kepala daerah (Sumatera Barat) sudah memberikan dukungan pada Jokowi-Ma'ruf Amin. Tinggal kami masuk ke segmen perempuannya. Kami yakin bahwa Sumbar juga akan memberikan suaranya untuk kemenangan Jokowi," ungkapnya.

Sebagai informasi, cawapres Ma'ruf Amin hadir dalam acara deklarasi yang digelar oleh relawan Perempuan Indonesia untuk Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin (Ijma) di Rumah Aspirasi, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, Ma'ruf menekankan akan membangun pemerintahan tanpa diskriminasi.

Rekomendasi