Bertemu Surya Paloh Usai Penepatan Tersangka Johnny Plate, Anies: Kita Bicara tentang Mengapa Kita Berjuang

| 18 May 2023 12:10
Bertemu Surya Paloh Usai Penepatan Tersangka Johnny Plate, Anies: Kita Bicara tentang Mengapa Kita Berjuang
Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh (empat kiri) dan jajaran partainya dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023). (ANTARA/Fath Putra Mulya)

ERA.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tak membicarakan prihal elektoral maupun hal lain terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 saat bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Pertemuan antara Anies dan Surya Paloh berlangsung tertutup selama 2,5 jam. Keduanya bertemu usai Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika yang juga elite Partai NasDem, Johnny G Plate sebagai tersangka kasus korupsi proyek pengadaan infrastruktur base transceiver station (BTS).

"Kita sama sekali tidak bicara elektoral. Kita bicara soal prinsip, kita bicara nilai, kita bicara tentang mengapa kita berjuang, mengapa kita mengambil jalur ini. Jadi sama sekali tidak bicara seperti itu," kata Anies di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023) malam.

Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan itu mengatakan, ada hal yang lebih besar untuk dibahas daripada membicarakan Pilpres 2024. Terlebih memusingkan soal elektora yang dinilainya sebagai urusan remeh.

"Itu menjadi urusan remeh temeh. Urusan kita lebih besar daripada sekedar jumlah suara, daripada presentase," ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa Surya Paloh memang terlihat sangat prihatian dengan kasus hukum yang menjerat Johnny Plate.

Meski begitu, Surya Paloh tetap akan meneruskan langkah pencapresan Anies.

"Dia prihatin dengan kenyataan ini, tapi mengok ke depan, menengok dengan penuh semangat, menengok dengan penuh keyakinin dan itu tadi dikatakan bahwa kita, bismillah, jalan terus," ucapnya.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menambahkan, dengan tantangan besar yang tengah dihadapi Partai NasDem saat ini justru menambah semangat untuk melanjutkan langkah perubahan ke depan, khususnya dalam menegakan keadilan.

"Justru karena besarnya tantangan ini, ,kita makin yakin bahwa keadilan harus ditegakan di negeri ini, bahwa keadilan itulah yang bisa menjaga persatuan di negeri ini. Dan itu hasil obrolan kita dengan Bang Surya Paloh dan teman-teman NasDem pada hari ini," ucap Anies.

Diketahui, Surya Paloh beserta jajaran DPP Partai NasDem menggelar konferensi pers di NasDem Tower pada Rabu (17/5). Pernyataan pers itu untuk menanggapi penetapan Johnny Plate sebagai tersangka.

Tak lama setelah konferensi pers berakhir, Anies Baswedan terlihat menyambangi NasDem Tower sekitar pukul 18:28 WIB. Dia disambut langsung oleh Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto.

Pertemuan Anies dan Surya Paloh berserta sejumlah elite Partai NasDem baru berakhir sekitar pukul 20:00 WIB.

Rekomendasi