Kompak dengan Surya Paloh Soal Dugaan Politisasi Kasus Johnny Plate, Anies Baswedan: Mudah-mudahan Tidak Benar

| 18 May 2023 10:05
Kompak dengan Surya Paloh Soal Dugaan Politisasi Kasus Johnny Plate, Anies Baswedan: Mudah-mudahan Tidak Benar
Anies Baswedan usai bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Gie/ERA.id)

ERA.id - Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan berharap, tidak ada upaya politisasi di balik kasus dugaan korupsi yang menjerat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang juga kader Partai NasDem Johnny G Plate.

Hal itu disampaikan usai bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh selama 2,5 jam di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023) malam.

"Saya rasa, saya akan mengutip itu, mudah-mudahan itu tidak benar," kata Anies.

Dia mengaku, ucapanyya itu senada dengan apa yang sudah disampaikan Surya Paloh terkait sikap Partai NasDem atas kasus hukum yang menjerat Johnny Plate.

"Tadi kan sudah disampaikan juga oleh bapak Ketua Umum Surya Paloh, bahwa beliau pun mengatakan apa yang tadi diucapkan 'mudah-mudahan itu tidak benar'," kata Anies.

Sebelumnya, Surya Paloh mengaku berpikir positif bahwa tidak ada politisasi di balik kasus yang menimpa kadernya.

"Sejauh ini saya berpikir, positive thinking, enggak ada itu intervensi," kata Surya Paloh dalam konferensi pers di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023).

Meski begitu, dia mengaku cukup sulit untuk tidak tergoda mengkaitan kasus hukum yang menimpa Johnny dengan upaya politisasi.

"Semoga saja godaan-godaan yang menyatakan kepada saya, 'ini tidak terlepas dari intervensi politik', tidak benar. 'Ini tidak terlepas dari inteervensi kekuasaan', juga tidak benar. Ini godaan pada diri saya dan sudah saya katakan tidak benar," tegasnya.

Namun, dia juga tak menjamin bahwa kasus hukum yang menimpa Johnny murni tindak pidana.

"Kalau benar (ada upaya politisasi), mungkin hukum alam nanti yang dihadapkan kepada ini," ucapnya.

Rekomendasi