Gibran Dipersepsikan Dukung Prabowo, PDIP: Dia Ini Posisinya seperti Semut dan Gula

| 22 May 2023 18:35
Gibran Dipersepsikan Dukung Prabowo, PDIP: Dia Ini Posisinya seperti Semut dan Gula
Gibran Rakabuming Raka dan Prabowo Subianto di Kota Solo. (Dok. Prabowo Subianto)

ERA.id - Ketua Dewan Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun mengibaratkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka seperti gula yang dikerubungi banyak semut.

Hal itu disampaikan usai memanggil Gibran terkait pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhir pekan lalu.

"Kita tadi menyampaikan nasihat panjang lebar. Saya sampaikan bahwa anda ini seperti gula dengan semut. Beliau posisinya seperti gula yang semut dari mana-mana," ujar Komarudin di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

Menurut Komarudin, Gibran telah menjelaskan kronologi pertemuannya dengan Prabowo yang belakangan dipersepsikan sebagai bentuk dukungan terhadap capres di luar pilihan PDIP.

Dia mengaku pihaknya menerima penjelasan tersebut. Terlebih mengingat posisi Gibran saat ini yang merupakan kepala daerah, kader partai, sekaligus putra sulung Presiden Joko Widodo.

"Mas Gibran datang dan menjelaskan, dan kita pahami bahwa memang posisi beliau sebagai kader partai juga sebagai wali kota," ucapnya.

Lantaran dinilai memiliki posisi strategis, DPP PDIP menilai sangat wajar banyak pihak yang mencoba bermanuver politik. Namun, Gibran juga perlu memilah siapa saja tokoh yang memiliki maksud terselubung.

"Tinggal menjaga semut mana yang baik dan semut mana yang menjerumuskan," kata Komarudin.

Adapun DPP PDIP tidak menjatuhi sanksi apapun terhadap Gibran. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya hanya sekedar menasihati saja.

Selain itu, ke depannya Gibran disarankan untuk menerima tamu khususnya tokoh-tokoh yang berasal dari partai politik berbeda di kantor dinas.

"Sehingga segala sesuatunya itu memang berkaitan dengan kemajuan wilayah yang dipimpinnya," kata Hasto.

Diketahui, DPP PDIP memamggil Gibran ke Jakarta buntut pertemuannya dengan Prabowo Subianto di Solo pada Jumat (19/5).

Adapun pertemuan Gibran dan Prabowo digelar di angkringan Omah Semar, Solo, Jawa Tengah. Di sela-sela pertemuan itu juga hadir sejumlah relawan Jokowi-Gibran yang mendeklarasikan dukungan kepada menteri pertahanan sebagai capres di Pilpres 2024.

Rekomendasi