Bonus Berlimpah untuk Prajurit di SEA Games, KSAD Beri Hadiah Uang, Motor, hingga Cuti 2 Minggu

| 25 May 2023 06:01
Bonus Berlimpah untuk Prajurit di SEA Games, KSAD Beri Hadiah Uang, Motor, hingga Cuti 2 Minggu
KSAD TNI Dudung Abdurachman berfoto bersama prajurit peraih penghargaan SEA Games Kamboja 2023 di Markas Besar TNI AD, Rabu (24/5). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

ERA.id - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan sertifikat penghargaan, uang, sepeda motor, dan cuti 2 minggu kepada prajurit TNI AD yang tergabung dalam Kontingen Indonesia SEA Games Kamboja 2023.

Hadiah itu diberikan oleh Dudung sebagai bentuk apresiasi pimpinan TNI AD terhadap pencapaian dan prestasi yang ditorehkan para prajurit serta satu anggota Persit KCK dalam kompetisi olahraga multicabang tingkat Asia Tenggara itu.

“Saya selaku Kepala Staf TNI Angkatan Darat luar biasa merasa bahagia dan sangat terhormat karena anak-anak saya berjuang di SEA Games Kamboja,” kata Kasad selepas memimpin upacara pemberian penghargaan kepada para prajurit dan satu anggota Persit KCK di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Dudung menjelaskan perjuangan para prajurit yang tergabung dalam Kontingen Indonesia di SEA Games Kamboja 2023 tentu tidak mudah sehingga mereka pantas mendapatkan penghargaan dan apresiasi atas kerja kerasnya.

“Tentunya ini perlu kita syukuri. Saya selaku Kepala Staf TNI Angkatan Darat dan jajaran TNI Angkatan Darat mengucapkan penghormatan, terima kasih, dan penghargaan yang luar biasa kepada rekan-rekan kita yang telah membawa nama harum bangsa dan negara,” kata Dudung Abdurachman.

Di SEA Games Ke-32 Kamboja 2023, ada 22 personel TNI Angkatan Darat yang memperkuat Kontingen Indonesia, yaitu 18 prajurit dan satu anggota Persit KCK sebagai atlet, satu pelatih, dan dua manajer.

Dari kompetisi itu, personel TNI AD menyumbang 7 medali emas, 4 medali perak, dan 10 medali perunggu.

Kontingen Indonesia pada ajang SEA Games di Kamboja menempati urutan ketiga dengan total 276 medali yang rinciannya 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Tepat di atas Indonesia, ada Thailand sebagai runner-up dengan total perolehan 312 medali, kemudian Vietnam menyabet gelar juara umum dengan perolehan 359 medali.

Dalam upacara pemberian penghargaan di Mabes TNI AD, Dudung menjamin para prajurit yang berprestasi di SEA Games Kamboja 2023 akan cepat naik pangkat.

“Para atlet yang sersan kepala ya nanti langsung di-Secapa-kan. Tanpa tes. Yang kopral, yang praka langsung bintara. Kemudian, setelah ini saya kasih cuti 2 minggu. Pulang ke kampungnya ya,” kata Kasad saat upacara.

Berikut daftar atlet TNI AD dan Persit KCK peraih medali emas, perak, dan perunggu pada SEA Games 2023 di Kamboja:

Cabang Olahraga Atletik

1. Lettu Inf Agus Prayogo, Secapa TNI AD, Marathon 42K (Medali Emas),

2. Sertu Pandu Sukarya, Secapa TNI AD, jarak 3.000 Meter STC (Medali Perunggu),

3. Praka Rikki Marthin Luther Simbolon, Yon Zipur 9 Kostrad, jarak 10.000 meter (Medali Emas),

Cabang Olahraga Pencak Silat

Sertu (K) Nia Ramadani, Yonhub Pushubad (Medali Perak),

Cabang Olahraga Kun Bokator

1. Pratu Samuel F Wouw, Kementerian Pertahanan (Medali Perunggu),

2. Serka (K) Maylen Christy Aupe, Pusdiklatpassus Kopassus, Kelas Combat 60 Kg (Medali

Perunggu)

Cabang Olahraga Aquathlon

Sertu Aloysius Reckyardo, Yon Arhanud 15, Aquathlon Relay (Medali Perak)

Cabang Olahraga Fins Swimming

Sertu (K) Ressa Kania Dewi, Pussenarmed, 4 x 100 meter Mixed Fins Swimming (estafet) Bifins (Medali Emas), 100 Meter Bifin Individual Putri (Medali Perak), dan 50 Meter Bifin Individual Putri (Medali Perunggu),

Cabang Olahraga Karate

1. Sertu Sandy Firmansyah, Yon Zikon 14 Pusziad, Individual 84 Kg Kumite (Medali Emas), Kumite Putra (Medali Perunggu),

2. Sertu (K) Dessyinta Banurea, Pusziad, Kelas Individual 68 Kg Kumite Putri (Medali Perunggu), Kumite Putri (Medali Perunggu),

3. Serda Tegar Januar, Jasdam III/Slw, Kumite Putra (Medali Perunggu),

Cabang Olahraga Soft Tennis

Sertu Fernando Sanger, Pusbekangad, Soft Tennis Beregu (Medali Emas),

Cabang Olahraga Tinju

Sertu (K) Ratna Sari Devi, Puspalad, Kelas Bulu 57 kg Putri (Medali Perak),

Cabang Olahraga Bola Voli Indoor Putri

Nandita Ayu Salsabila (Anggota Persit KCK Korem 074/Warastratama) Kodam IV/Diponegoro, Istri dari Sertu Aji Maulana Rem 074/Wrt Dam IV/Diponegoro (Medali Perunggu),

Cabang Olahraga Dayung

Sertu Andri Agus Maulana, Dodik Belanegara Rindam/III Slw, Dayung 500 meter 12 crew (Medali Emas), Dayung jarak 800 Meter 12 crew (Medali Emas),

Cabang Olahraga Taekwondo

Sertu Adam Yazid, Pussintelad (Medali Perunggu).

Rekomendasi