Usai Banyak Keluhan Penumpang, Begini Penampakan Kursi Baru Kereta Ekonomi Milik KAI

| 26 May 2023 18:06
Usai Banyak Keluhan Penumpang, Begini Penampakan Kursi Baru Kereta Ekonomi Milik KAI
Penampakan kursi kelas ekonomi KAI yang baru. (Twitter @fajarnugros)

ERA.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berbenah usai menerima banyak keluhan soal kursi kelas ekonomi yang tidak nyaman diduduki karena sandarannya terlalu tegak dan ruang kakinya yang sempit.

Kursi kelas ekonomi tadi sampai dijuluki dengan "kursi 90 derajat" oleh netizen karena penggunanya harus duduk tegap sehingga badannya membentuk sudut 90 derajat.

Setelah banyak penumpang KAI mengeluhkan fasilitas tersebut di media sosial, kini kursi kelas ekonomi mulai diperbarui dan dibuat lebih nyaman.

Sebelumnya, KAI sendiri memiliki beberapa jenis kursi kelas ekonomi, di antaranya kursi jenis long seat dengan formasi 2-2 yang saling berhadapan dan tanpa pengatur sandaran; model individual seat dengan formasi 2-2 yang tidak saling berhadapan dan tanpa pengatur sandaran; dan kursi ekonomi premium dengan formasi 2-2 yang tidak berhadap-hadapan dan bisa diatur posisi sandarannya.

Kursi kelas ekonomi model long seat yang sering dibilang sebagai "kursi 90 derajat". (Twitter @KAI121)

Semua versi kursi kelas ekonomi di atas tidak dapat diputar, dengan kata lain ada kemungkinan penumpang akan duduk berlawanan arah dengan laju kereta api.

Sementara itu, pada versi terbarunya, tampak kursi kelas ekonomi KAI berwarna biru, memakai model individual seat dilengkapi pengatur sandaran, dengan formasi 2-2 yang tidak saling berhadap-hadapan antar penumpang. Kursi itu juga bisa diputar searah dengan laju kereta api.

"Kapan lalu naik @KAI121 Kuala Stabas jurusan Baturaja-Lampung, ga nyampe 50k dan sempet kaget pas lihat kursinya udah begini, sangat nyaman," tulis salah seorang penumpang lewat akun Twitter @reventhewriter, Kamis (25/5/2023).

Sementara itu, pihak KAI sendiri mengonfirmasi belum semua kereta api punya kursi kelas ekonomi versi terbaru. Namun, sudah banyak yang menggunakan model kursi ekonomi premium yang cukup nyaman, seperti KA Wijayakusuma, KA Singasari, dan KA Bangunkarta.

KAI juga menginformasikan bahwa masyarakat bisa bertanya terkait kereta mana yang sudah menerapkan kursi kelas ekonomi terbaru dengan menghubungi contact center KAI di nomor 0811-1211-1121 atau media sosial resmi KAI yang bercentang biru.

"Railmin imbau kepada #SahabatKAI untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap tindak penipuan yang mengatasnamakan PT KAI," tulis akun Twitter resmi KAI @KAI121.

Rekomendasi