Puan Sebut 10 Nama Kandidat Cawapres Ganjar Pranowo, Ada Nama AHY hingga Sandiaga Uno

| 07 Jun 2023 08:15
Puan Sebut 10 Nama Kandidat Cawapres Ganjar Pranowo, Ada Nama AHY hingga Sandiaga Uno
Ganjar Pranowo. (Foto: Antara)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membeberkan 10 kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pencawapresan, nama kan banyak, ada 10," kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selaran, Selasa (6/6/2023).

Sejumlah nama yang masuk dalam radar cawapres untuk Ganjar antara lain Menko Polhukam Mahfud M, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurtiyudhyono (AHY).

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, ada Pak Mahfud sudah masuk namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY sudah masuk kan? Pak Airlangga juga," paparnya.

Menurut Puan, nama-nama itu dipertimbangkan oleh PDIP untuk dipasangkan dengan Ganjar di Pilpres 2024.

Dia bilang nama-nama yang ada memiliki kelebihan. Namun, yang nantinya terpilih hanyalah sosok yang sejalan dengan visi misi dan cita-cita dari partainya.

"Kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan dan kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon presiden dari PDI Perjuangan, sesuai dengan visi-misi, cita-cita, dan lain sebagainya," paparnya.

Terkait kapan Ganjar mendapatkan cawapres untuk mendampinginya di Pilpres 2024, menurut Puan akan disampaikan dalam waktu yang tepat.

"Jadi nama tetap akan ditentukan nanti tapi belum hari ini. Jadi masih menimbang nama-nama yang ada," kata Ketua DPR RI itu.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku menyodorkan nama Erick Thohir untuk dipasangkan dengan Ganjar. Hal itu disampaikan dalam pertemuan PAN dengan DPP PDIP beberap waktu lalu.

Semetara PPP, yang kini resmi mendukung Ganjar, berencana mengusulkan nama Sandiaga Uno.

Adapun nama AHY tak hanya mask rada cawapres Ganjar. Tetapi juga salah satu nama yang dipertimbangkan untuk mendampingi bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

Rekomendasi