Kunjungan Jokowi ke Lombok Tingkatkan Elektabilitas

| 27 Sep 2018 18:47
Kunjungan Jokowi ke Lombok Tingkatkan Elektabilitas
Presiden Jokowi berkunjung ke Lombok. (Foto: Instagram @jokowi)
Jakarta, era.id - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei yang menyatakan kunjungan Presiden Jokowi kepada warga terdampak bencana gempa di Lombok dapat meningkatkan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kunjungan Jokowi ke Lombok meningkatkan sentimen positif, lebih banyak yang mendukung (Jokowi-Ma'ruf) dibandingkan yang semakin kurang mendukung," kata peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa, di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018).

Sebanyak 48,4 persen responden memilih lebih mendukung Jokowi, 1,6 persen memilih lebih tidak mendukung Jokowi, sementara 39 persen menganggap sama saja, serta 11 persen tidak menjawab.

Diketahui, sebanyak 67,9 persen responden mengetahui kunjungan Jokowi ke Lombok, 23,3 persen tidak mengetahui, dan 8,8 persen tidak menjawab.

Dari basis yang mengetahui kunjungan Jokowi, sebanyak 94,5 persen menyukai langkah capres petahana tersebut, sebanyak 3 persen tidak menyukai, dan 2,5 tidak menjawab.

"Jadi, gempa Lombok banyak diketahui oleh masyarakat dan kunjungan Jokowi ke Lombok juga disukai," kata dia.

Survei ini dilakukan pada periode 14-22 September 2018 melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Survei menggunakan teknik multistage random sampling kepada 1200 responden dengan margin of error sebesar 2,9 persen.

 

Rekomendasi