Ini Langkah Pemerintah agar CPNS Adil dan Transparan

| 28 Sep 2018 12:53
Ini Langkah Pemerintah agar CPNS Adil dan Transparan
Tes CPNS (Sumber: Istimewa)
Jakarta, era.id - Seleksi CPNS 2018 dipastikan aman, bersih, dan transparan. Seenggaknya, itulah komitmen yang disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Syafruddin.

Untuk mewujudkan komitmen itu, Kementerian PAN-RB bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Badan Kepegawaian Negara (BKN), serta Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menandatangani MoU terkait persiapan, pelaksanaan, pengamanan, dan penegakan hukum dalam rangka Seleksi CPNS 2018.

“Penandatanganan ini untuk menjamin pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018 berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya,” ujar Menteri PANRB Syafruddin dalam keterangan tertulis, Jumat (28/9/2018).

Mantan Wakapolri itu bilang, MoU ini mudah-mudahan enggak cuma meningkatkan kualitasi sistem seleksi CPNS, tapi juga menjamin berdirinya penegakan hukum jika terjadi kejahatan siber.

“Kami berharap adanya dukungan pengawasan eksternal, penyelidikan apabila terjadi kecurangan terutama yang mengarah kepada tindak pidana, serta antisipasi pengamanan terhadap aksi unjuk rasa dari pihak yang terdampak dengan adanya seleksi CPNS tahun 2018 ini,” kata dia.

Syafruddin melanjutkan, pelaksanaan seleksi CPNS menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kemendikbud dengan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

“Ini dilakukan agar lebih mendekatkan peserta dengan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di beberapa kabupaten/kota,” jelasnya.

Ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi pertukaran data dan/atau informasi, bantuan pengamanan, penegakan hukum, penyesuaian aplikasi UNBK, koordinasi teknis dan pelatihan bagi proktor dan pengawas provinsi, koordinasi teknis dan pelatihan bagi proktor dan pengawas kabupaten/kota oleh proktor dan pengawas yang telah mendapat pelatihan.

Selain itu, juga dalam penyiapan infrastruktur dan peralatan pendukung UNBK, persiapan dan pelaksanaan SKD dan SKB, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan SKD dan SKB.

Tags : pns
Rekomendasi