Pasca Gempa Palu, Menhub Bentuk Quick Respons Team

| 29 Sep 2018 10:05
Pasca Gempa Palu, Menhub Bentuk <i>Quick Respons Team</i>
Korban Gempa di Palu (Twitter @Sutopo_PN)
Jakarta, era.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta jajaran kementerian perhubungan membentuk Quick Respons Team yang terjun ke lapangan untuk membuat posko guna mempermudah pelaksanaan tanggap darurat. Hal ini dilakukan menyusul gempa bumi berkekuatan 7,7 SR yang mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng), kota Palu, pada Jumat (28/9) sore.

"Saya minta agar dibentuk sebuah Quick Response Team yang diterjunkan ke lapangan dan bentuk posko khusus terkait penanganan gempa Palu yang efektif bekerja mulai besok (29/09) di kantor pusat Kemenhub sehingga proses koordinasi antara petugas di lokasi kejadian dan kantor pusat dapat efektif," katanya, melalui keterangan tertulis, di Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Selain itu, Budi Karya juga menginstruksikan, jajarannya untuk melakukan pengecekkan terhadap beberapa fasilitas transportasi baik udara dan laut yang terkena dampak gempa bumi tersebut.

"Saya menginstruksikan kepada jajaran di Kemenhub untuk melakukan pengecekkan fasilitas sarana dan prasarana transportasi seperti bandara maupun pelabuhan pada daerah yang terkena dampak gempa," tuturnya.

Di samping itu, Budi mendapatkan laporan adanya fasilitas yang rusak akibat peristiwa alam tersebut. Kerusakan terjadi di antaranya Bandara SIS Al-Jufri Palu dan Pelabuhan Ogoamas. 

Namun, terkait dengan pelabuhan, pihak Kemenhub juga masih menunggu konformasi mengenai keadaan di sana, lantaran belum adanya informasi karena terputusnya jaringan komunikasi.

"Telah terjadi kerusakan di beberapa fasilitas transportasi seperti keretakan Aerodrome Control Tower Bandara SIS Al-Jufri serta retak di Talaud dan terjadi pergeseran dermaga ke sisi kanan sepanjang 3cm di Pelabuhan Ogoamas," tuturnya.

"Saya meminta jajaran untuk berkoordinasi dan terus melakukan pengecekkan kerusakan akibat gempa pada seluruh fasilitas transportasi," terang Budi.

Atas peristiwa ini, Menhub menyampaikan duka mendalam terhadap para korban pada musibah gempa bumi di Sulawesi Tengah.

"Saya turut berduka atas korban jiwa dalam musibah gempa bumi di Sulawesi Tengah. Semoga Allah SWT memberikan kesabaran dan kekuatan pada saudara-saudara kita yang di sana," tutupnya.

Baca Juga : Suasana Kota Palu dan Donggala Pasca Gemba 7,7 SR

Tags : prayforpalu
Rekomendasi