Pesawat Hercules TNI Evakuasi Korban Gempa Sulteng

| 30 Sep 2018 13:18
Pesawat Hercules TNI Evakuasi Korban Gempa Sulteng
Korban Gempa Palu (dok BNPB)
Jakarta, era.id - Korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah, mulai dievakuasi dari Bandara Mutiara Palu pagi tadi. Para korban dievakuasi ke Manado, Sulawesi Utara, menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

"Evakuasi keluar Palu dengan pesawat Hercules TNI AU," kata Kepala Pusat Data dan Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya, Minggu (30/9/2018).

 

Sutopo menjelaskan, para korban yang dievakuasi diberangkatkan melalui Bandara Mutiara Palu. Mereka yang dievakuasi merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan latar kondisi yang beragam pasca gempa dan tsunami.

"Kebanyakan aparatur negara yang sedang tugas di Palu, baik yang sehat atau terluka," lanjutnya. 

Korban gempa di Sulteng tak hanya dievakuasi ke Manado. sebagian korban juga dievakuasi ke Makassar, Sulawesi Selatan, juga menggunakan pesawat Hercules.

Supaya kalian tahu, 12 unit pesawat Hercules telah diberangkatkan ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk membantu logistik bagi korban gempa. Pesawat itu disiagakan di Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Lanud Hasanuddin di Makassar.

 

Selain itu, TNI AU menyiapkan 5 unit pesawat CN 295, 2 unit pesawat CN 235, 4 unit pesawat Boeing 737, dan helikopter. Sebanyak 100 personel Korps Pasukan Khas TNI AU juga diberangkatkan hari ini ke lokasi terdampak gempa.

 

Rekomendasi