Listrik Padam, Jusuf Kalla: Pemerintah Kirim Genset ke Sulteng

| 01 Oct 2018 14:24
Listrik Padam, Jusuf Kalla: Pemerintah Kirim Genset ke Sulteng
Genset dikirim menggunakan pesawat Hercules TNI AU ke Kota Palu. (Foto: Twitter @Sutopo_PN)
Jakarta, era.id - Gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Jumat (28/9), telah menghancurkan sejumlah infrasutuktur, salah satunya adalah jaringan listrik. Untuk itu, pemerintah saat ini tengah mengirimkan genset untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik di wilayah tersebut.

"Listrik ini mereka baru mau kirim genset dan juga perbaikan gardu-gardu induk. Kalau listrik ada dari Poso, cuma gardunya," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/18).

Menurut JK, saat ini pemerintah akan menyelesaikan beberapa hal yang menjadi kebutuhan korban di kota Palu dan Donggala, seperti listrik dan bahan bakar. "Iya tentu pertama kita turut berduka cita atas musibah di palu dan donggala. Pemerintah dan masyarakat juga sekarang turut membantu untuk ringankan bebannya," imbuh dia.

"Dibutuhkan beberapa hal yang emang akan diselesaikan, seperti listrik, bahan bakar dan juga nanti rehabilitasi dan rekonstruksi yang akan dilaksanakan pada waktunya," terangnya.

 

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut, operasi SAR di sejumlah lokasi terdampak bencana di Sulawesi Tengah tak mudah dilakukan. Alasannya, karena ada beberapa kendala yang menyulitkan pengevakuasian dan penyelamatan korban.

Baca Juga : Jokowi Minta Warga Tak Tinggalkan Palu

"Banyak kendala. Pertama karena listrik padam. Komunikasi juga masih sangat terbatas. Alat berat juga terbatas," kata Sutopo dalam konferensi pers di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Minggu (30/9).

Sutopo kemudian memaparkan, saat ini proses evakuasi dan penyelematan para korban yang menggunakan alat berat dilakukan di wilayah Kota Palu. Tetapi, jumlah alat berat itu, dianggap tak sebanding dengan jumlah bangunan yang runtuh akibat gempa dan tsunami.

"Dengan kondisi jalan yang rusak, sehingga mengirimkan alat berat dari luar Kota Palu menuju Kota Palu juga mengalami kendala. Daerah yang terdampak luas," ungkapnya.

 

Tags : prayforpalu
Rekomendasi