Tokoh Dunia yang Bangga Memakai Batik Indonesia

| 02 Oct 2018 08:30
Tokoh Dunia yang Bangga Memakai Batik Indonesia
Nelson Mandela dan Presiden ke-2 RI Soeharto. (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - 2 Oktober 2009 lalu, UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Hal itu juga yang menjadi dasar pemerintah Indonesia menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Kemasyhuran batik tak hanya memikat masyarakat dalam negeri. Banyak warga dunia yang kini sudah familiar dengan warisa leluhur nusantara yang satu ini. Bahkan, batik beberapa kali terlihat dikenakan oleh sejumlah tokoh penting dunia. Enggak percaya? Berikut tokoh-tokoh itu.

Nelson Mandela

Pada tahun 1997 Presiden ke-2 RI Soeharto sempat tekejut dengan kehadiran Nelson Mandela. Saat kunjungan ke Indonesia itu, Mantan presiden Afrika Selatan itu bertemu Pak Harto dengan mengenakan baju batik bermotif khas Indonesia, sedangkan Pak Harto menemuinya dengan mengenakan jas.

Kecintaan Nelson dengan batik terus ditunjukkan Nelson dalam beberapa kesempatan saat berpergian ke negara-negara lain. Salah satunya saat menghadiri acara The Elders pada tahun 2007 dan saat mengunjungi Ratu Elisabeth II di Istana Buckingham.

Barack Obama

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama merupakan salah satu tokoh dunia yang pernah tampil 'pede' mengenakan batik. Obama mengenakan batik saat menghadiri acara East Asia Summit Indonesia 2011 yang diselenggarakan di Bali. Batik tersebut asli desain Bali dan diproduksi di China.

Kecintaan Obama pada batik ternyata ditularkan dari ibunya yang juga banyak mengoleksi baju batik asli Indonesia. Mengingat dahulu semasa kecil Barack Obama pernah tinggal di Indonesia.

Vladimir Putin

Salah satu tokoh dunia yang pernah tampil mengenakan batik di forum dunia yakni Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin mengenakan batik berwarna hijau saat menghadiri puncak acara Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada tahun 2013.

Carlos Santana

Siapa yang tidak mengenal dengan Carlos Santana yang merupakan musisi legendaris pemain gitar melodi asal Mexico. Dalam bayak kesempatan konser nya carlos sering mengunakan batik dalam motif yang berbeda-beda.

Selain itu beberapa aktor dan aktris dunia juga pernah terlihat mengenakan baju yang dikombinasikan dengan bahan batik.

Bill Gates

Bos dari perusahaan microsoft ini pernah memakai baju batik pada saat kunjungan pertama nya ke Indonesia menghadiri acara Presidential Lecturer featuring Bill Gates 2008 di Jakarta. Bill Gates memakai batik motif pisang bali mangar yang berwarna keemasan.

Rekomendasi