Menjaga Warisan Budaya Indonesia, Begini Cara Efektif Agar Batik Tidak Diklaim Negara Lain

| 06 Oct 2022 20:27
Menjaga Warisan Budaya Indonesia, Begini Cara Efektif Agar Batik Tidak Diklaim Negara Lain
Batik (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

ERA.id - Indonesia dikenal sangat kaya dengan warisan budaya dan sebagian sudah diketahui mancanegara. Namun, ada beberapa diantara budaya nusantara yang pernah diklaim negara lain, salah satunya adalah batik.

Malaysia pernah mengklaim batik yang katanya sudah menjadi bagian budaya mereka sejak lama. Jagat maya juga sempat dihebohkan dengan kalangan kelompok etnis di China yang menyebut batik sebagai kerajinan tradisional.

Pemerintah sudah melakukan berbagai cara agar batik tidak diklaim oleh negara lain, salah satunya adalah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Selain itu, banyak perusahaan, sekolah maupun instansi yang mewajibkan untuk memakai batik dihari Jumat. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk melestarikan batik yang jadi ciri khas bangsa Indonesia.

"Dengan adanya batik nasional dan setiap jumat memakai batik, itu sudah merupakan salah satu cara pemerintah melestarikan kebudayaan batik," ujar Adi Perdana, General Manager Luminor Hotel saat ditemui di Luminor Hotel Pecenongan, Jl Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat (6/10/2022).

Ahmad Sartono (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Ahmad Sartono (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)



Selain itu, para desainer bisa memperkenalkan batik ke dunia internasional dengan mengadakan ajang pameran di luar negeri.

"Batik harus dilestarikan karena ini salah satu warisan budaya. Apalagi, dunia sudah mengakui sebagai warisan budaya tak bernyawa di Indonesia," kata Ahmad Sartono, Ketua Komunitas Sahabat Budaya Indonesia.

"Indonesia kan bisa mengevaluasi, misalnya 10 tahun. 10 tahun vakum, bisa pindah ke negara lain. Jadi, batik yang berasal dari budaya setempat, harus bisa dikembangkan secara terus menerus," lanjutnya.

Workshop batik (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Workshop batik (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)



Lebih lanjut, Ahmad Sartono mengatakan bahwa mengadakan talkshow dan workshop seperti yang diadakan Luminor Hotel bisa menjadi salah satu contoh melestarikan batik. Dengan workshop dan talkshow, pengetahuan masyarakat tentang batik semakin berkembang.

"Ini sebagai salah satu contoh (mengadakan talkshow dan workshop tentang batik). Memberikan pelatihan, baik untuk pelatih yang mahir supaya ada peningkatan," paparnya.

Rekomendasi