Prabowo-Sandi Galang Dana untuk Palu dan Donggala

| 01 Oct 2018 21:57
Prabowo-Sandi Galang Dana untuk Palu dan Donggala
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. (Mery/era.id)
Jakarta, era.id - Gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Sulawesi Tengah tepatnya kota Palu dan Donggala, mengakibatkan bangunan pemukiman warga rusak, dan lumpuhnya perekonomian.

Calom Presiden Prabowo Subianto mengatakan, koalisi Indonesia Adil Makmur akan menggalang dana untuk para korban gempa di Palu dan Donggala.

"Kami memutuskan segera mengumpulkan petinggi-petinggi partai, kemudian sayap-sayap partai, kami ingin menghimpun dana dan bantuan untuk dikerahkan ke situ," katanya, saat ditemui di Kertanegara, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Prabowo akan segera mengerahkan relawan dari sayap partai pendukungnya untuk membantu penanganan korban di Palu dan Donggala, apabila hal tersebut dibutuhkan dan diminta oleh pemerintah.

"Kami ingin menginventarisir relawan-relawan dari sayap-sayap yang bisa bila diminta pemerintah. Kami siapkan untuk dikirim membantu aparat di daerah bencana, jadi kami dalam hal ini menyampaikan dukungan sepenuhnya kepada pemerintah Indonesia," terangnya.

"Kami menyatakan siap, kapasitas terbatas kami tapi kami siap bila diminta untuk menyediakan relawan-relawan untuk digunakan, kami juga punya tim-tim kesehatan, tim medis relawan-relawan, dokter-dokter kami, dan pemuda-pemuda kami, yang kami sampaikan untuk dapat membantu aparat pemerintah," kata dia.

Mantan Danjen Kopassus ini sadar betul dengan situasi penanganan bencana ini. Karenanya dia tidak akan menganggu prosesnya, namun bila diajak, maka relawan dan pendukungnya siap membantu di bawah komando pemerintah.

"Tentunya kami tidak ingin mengganggu pelaksanaan bantuan-bantuam tersebut, kami paham bahwa ini semua harus di bahwa satu komando, satu koordinasi, jadi kami pun siap untuk membantu pemerintah dalam kapasitas kami. Jadi saya dan pak Sandi setiap saat kami siap untuk dipanggil oleh pemerintah untuk melihat seandainya pemerintah ingin menggunakan beberapa resources yang ada pada kami," terangnya.

Rekomendasi