Kang Emil Mau Bikin Pantai Pangandaran Mirip Hawaii

| 08 Oct 2018 18:22
Kang Emil Mau Bikin Pantai Pangandaran Mirip Hawaii
Kang Emil Berencana Sulap Pantai Pangandaran jadi seperti di Hawaii (Twitter @Ridwankamil)
Bandung, era.id - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil berencana merevitalisasi kawasan pantai Pangandaran agar menjadi destinasi pantai berkelas dunia. Nantinya pantai Pangandaran akan disulap seperti pantai Waikiki di Hawaii atau Miami Beach di Amerika Serikat.

"Ya kita sudah kerja sama, lagi di desain dengan Pak Bupati Pangandaran, nanti pantai timur, Pangandaran dan pantai barat akan kita desain, sehingga tidak kumuh," kata Ridwan Kamil, seperti dikutip Antara, Senin (8/10/2018).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu memiliki keinginan agar pantai Pangandaran dapat dinikmati oleh semua kalangan. Dia pun tengah mencari konsep yang terbaik untuk penataan kawasan di selatan Jawa Barat itu.

"Jadi mau itu kalangan menengah atas, atau menengah bawah, itu semuanya bisa berinteraksi di sebuah penataan pantai Pangandaran. Saya juga pernah ke Hawaii beberapa kali, saya kira bisa lah asal kita ikuti pola yang kita akan desain dan masyarakatnya mau mengikuti" paparnya.

"Pokoknya mana saja yang baik di dunia ini kita akan contoh dan tiru. (Ada ikon baru di Pangandaran) masih dikonsepkan belum bisa dirilis," imbuh Kang Emil.

Ide tentang rencana penataan dan revitalisasi Pantai Pangandaran diutarakan oleh Gubernur Emil melalui akun media sosial miliknya pada Sabtu (6/10) lalu. Proyek revitalisasi pantai itu rencananya akan memakan anggaran Rp40-Rp65 miliar dari APBD Propinsi Jawa Barat dan APBD Kabupaten Pangandaran yang akan dibelanjakan pada tahun 2019.  

"Impiannya seperti Waikiki Beach di Hawaii. Juga akan dibangun Pusat Budaya Sunda seperti di Ubud Bali," tulis Kang Emil.

Tak hanya merevitalisasi kawasan pantai Pangandaran, Kang Emil juga berencana mendesain ulang Bandara Nusa Wiru. Emil ingin kawasan pantai Pangandaran memiliki akses jalur udara dan jalur kereta Api dari Jakarta-Bandung.

"Bandara Nusa Wiru juga akan di desain ulang agar lebih keren dan membuka penerbangan ke Bandung atau Jakarta. Juga tentunya ini melengkapi jalur reaktivasi jalur Kereta Api dari Jakarta-Bandung-Pangandaran. Mari ke pantai," lanjutnya.

Tags : ridwan kamil
Rekomendasi