North Jazz Festival 2023 Sukses Digelar

| 20 Aug 2023 17:04
North Jazz Festival 2023 Sukses Digelar
North Jazz Festival 2023. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Utara sukses menyelenggarakan North Jazz Festival 2023 di alun-alun Batavia PIK, Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu 19 Agustus 2023.

North Jazz Festival 2023 merupakan kegiatan yang secara khusus dirancang sebagai wadah untuk komunitas musik jazz menunjukkan kemampuan dan meningkatkan keterampilannya bermain musik jazz.

North Jazz Festival 2023 merupakan bagian dari rangkaian North Festival 2023 yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya, terdiri dari berbagai acara di antaranya North UMKM Bazaar, Music Talk “Hak Cipta Lagu”, Jazz Jam Session serta babak final North Jazz Band Competition 2023.

Kepala Sudin Parekraf Jakarta Utara Shinta Nindyawati menyampaikan apresiasi yang setinggi–tingginya kepada para dewan juri yang telah memberikan masukan berharga kepada para finalis.

North Jazz Festival 2023. (Foto: Istimewa)

“Saya berharap dengan adanya masukan dari dewan juri dapat meningkatkan semangat para musisi muda khususnya di Jakarta Utara untuk tetap semangat berkarya,” ujar Shinta.

Babak final North Jazz Band Competition 2023 diikuti oleh 10 finalis musisi jazz lintas generasi yang berhasil lolos babak penyisihan yang jurinya diketuai oleh Jaga Cita, Head of Music School of Indonesia. Bertindak sebagai juri pada babak final dan bintang tamu adalah tokoh musik jazz kenamaan Indonesia yakni Gilang Ramadhan, Syaharani dan Tony Brilianto.

Selain itu ada pula Igun Sudarmono, head of content AMI Awards serta Ali Akbar, seorang music director peraih AMI Awards. Acara seremoni pemberian penghargaan kepada pemenang diawali dengan jam session Gilang Ramadhan, Syaharani, Tony Brilianto dan Ali Akbar dengan mengundang bassist dari salah satu finalis.

Selanjutnya, para dewan juri babak final menyampaikan apresiasi untuk Sudin Parekraf Jakarta Utara yang telah berhasil menyelenggarakan North Jazz Festival 2023 dan menelurkan North Jazz Band Competition untuk pertama kalinya.

Dewan juri yang diwakili oleh Gilang Ramadhan dan Syaharani juga menyampaikan beberapa pesan sebagai masukan untuk para finalis serta secara bergantian mengumumkan nama–nama pamenang North Jazz Band Competition 2023.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari Kepala Disparekraf Provinsi DKI Jakarta, Andika Permata. Dalam closing remarks yang disampaikan di akhir acara, Kepala Disparekraf DKI Jakarta menyampaikan "event North Jazz Festival, Disparekraf DKI Jakarta rencana akan memproteksi event ini dengan didaftarkan sebagai merek IP (Intellectual Property) oleh Pemerintah. Insya Allah ini akan menjadi acara unggulan Disparekraf DKI Jakarta tapi nanti vocal point-nya adalah Sudin Parekraf Jakarta Utara," Sebagai tanda penutup acara "Dengan mengucap alhamdulillahirabbal’alamin, event yang berjudul North Jazz Festival 2023 saya nyatakan ditutup dan kita berjumpa dalam event North Jazz Festival tahun depan," tutup Andika.

Rekomendasi