Sejumlah Elemen Masyarakat Kawal Pemeriksaan Amien Rais

Tim Editor

Aksi demonstrasi untuk mengawal pemeriksaan Amien Rais di depan Mapolda Metro Jaya. (Diah/era.di)

Jakarta, era.id - Sejumlah elemen masyarakat mulai memadati Markas Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018). Mereka datang untuk mengawal jalannya pemeriksaan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais terkait penyebaran berita bohong pengeroyokan aktivis Ratna Sarumpaet.

"Aksi hari ini adalah upaya kita mengawal pemeriksaan terhadap bapak reformasi bangsa bapak Amien Rais. Amien Rais adalah korban dari Ratna Sarumpaet," kata orator di mobil komando. 

Elemen masyarakat yang datang ini di antaranya, Persaudaraan Alumni (PA) 212, Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia, Front Pembela Islam (FPI), dan Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar). Kebanyakan dari mereka menggunakan pakaian berwarna putih dan hitam.

Sementara itu, polisi melakukan pengamanan aksi yang digelar di jalan Gatot Subroto. Arus lalu lintas pun dibatasi. Jalur lambat ditutup, dan hanya jalur cepat yang dibuka, pengemudi motor pun diperbolehkan masuk ke jalur cepat.


Suasana aksi di depan Mapolda Metro Jaya. (Diah/era.id)

Sementara itu, sejumlah kendaraan taktis seperti Baracuda, Water Canom hingga mobil 'Raisa' (Pengurai Massa) juga disiagakan di tempat ini.

Polisi juga menyiapkan 3.284 personel keamanan dan petugas pengalihan arus lalu lintas. Selain itu, Personel TNI juga diturunkan membantu menjaga massa PA 212 yang hendak mengawal mantan Ketua MPR tersebut.

"Ada beberapa simpatisan yang akan mengantar beliau ke Polda ini, dan kemungkinkan diperkirakan 500 orang," ucap Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Indra Jafar di Markas Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018).


Suasana aksi di depan Mapolda Metro Jaya. (Diah/era.id)

Tag: amien rais diperiksa ratna sarumpaet ditangkap

Bagikan: