Pidato Games of Thrones Bikin Jokowi Melesat

| 13 Oct 2018 11:16
Pidato <i>Games of Thrones</i> Bikin Jokowi Melesat
Hasto Kristiyanto (Tasya/era.id)
Jakarta, era.id - Pidato Presiden Joko Widodo pada Opening Plenary Annual Meeting IMF-World Bank 2018 disebut Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, mengedepankan gagasan kekuatan moral yang berkeadilan. 

Jadi, wajar saja, jika pidato itu lantas mendapatkan standing applause dari para undangan yang hadir.

"Dengan kolaborasi tersebut maka dunia secara bersama-sama mengatasi berbagai tantangan global seperti perubahan iklim, sampah plastik, dan mendorong pertumbuhan yang lebih berkeadilan. Sebab konfrontasi hanya akan menghasilkan penderitaan,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/10/2018).

Sekjen PDI Perjuangan itu juga bilang, pidato Presiden Jokowi sudah tepat dan sudah menunjukkan pentingnya moralitas dalam dalam tata perekonomian global. Apalagi, pidato yang mengambil analogi Game of Thrones merupakan kritik terkait perang dagang. 

Selain itu, Jokowi juga menyebut pentingnya koreksi atas ketidakadilan antara negara kaya dan miskin.

"Apapun yang namanya perang mata uang dan perang dagang, hanya menghasilkan penderitaan yang mengikis kemanusiaan warga bangsa," ujarnya.

Pidato yang penuh kesan kenegarawanan itu, menurut Hasto, membuat Jokowi yang merupakan capres 01 di Pilpres 2019 selangkah lebih maju daripada Prabowo. Hasto bilang, ibarat pertandingan, skor Jokowi dan Prabowo 5-0.

Bahkan, ia menyebut jika dihitung lagi, angka Prabowo dalam pertandingan itu sudah minus tiga. Karena pidato bernada negatif terkait ancaman 'Indonesia Bubar'; 'Pidato Kebohongan Terencana kasus Oplas Ratna Sarumpaet', dan 'Pidato Ekonomi Kebodohan'.

"Karena itulah agar kontestasi Pilpres menjadi menarik, konsultan Tim Pak Prabowo seharusnya memikirkan ulang bahwa strategi menyerang, hoaks, strategi menakut-nakuti, ataupun meniru model kampanye pilpres negara lain sudah selayaknya ditinjau ulang, diganti dengan kampanye ala Indonesia yang santun dan penuh kegembiraan," ungkap Hasto.

"Kualitas demokrasi Indonesia akan baik apabila paslon dan tim kampanye beradu gagasan, adu rekam jejak dan adu konsepsi," tutupnya.

Baca Juga : Jokowi Analogikan Ekonomi Dunia Seperti Game of Thrones

Tags : jokowi
Rekomendasi