Peluang Airlangga Perbaiki Internal Golkar

| 15 Dec 2017 22:30
Peluang Airlangga Perbaiki Internal Golkar
Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin. (ZAKIYAH/era.id)
Jakarta, era.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai mempunyai kesempatan mendandani internal partai. Meski begitu, Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin berharap, ketua umum partai yang terpilih dalam rapat pleno itu tidak melakukan banyak perombakan kepengurusan.

Langkah yang patut dijalankan, menurutnya, mengakomodasi semua kepentingan kader Golkar agar bisa semuanya bersatu kembali. 

"Memang memungkinkan terjadinya perombakan-perombakan kepengurusan bila memang itu diperlukan," terang Mahyudin kepada era.id, Jumat (15/12/2017).

Soal pengganti Setya Novanto di kursi ketua DPR, Mahyudin mengatakan, sah-sah saja jika Airlangga menyepakati penunjukan Novanto yang mengangkat Azis Syamsuddin. Menurutnya, tidak ada yang baku terkait penunjukan itu.

"Semua itu tergantung Pak Airlangga, tidak ada yang baku. Kalau dia juga tetap menetapkan Pak Azis sebagai ketua DPR juga boleh, tidak masalah semua itu boleh dilakukan," tambahnya.

Mahyudin menilai Azis memenuhi kriteria untuk menjadi Ketua DPR yang baru. Hal itu terbukti dari pengalaman Azis selama ini sebagai anggota parlemen. Namun, semua itu tergantung keputusan ketua umum Golkar yang baru terpilih. 

Mahyudin menyarankan, agar Airlangga memerhatikan suara dari internal partai terkait pengganti posisi Novanto di DPR.

"Beliau (Azis) sudah pengalaman di DPR, sudah berapa periode menjadi anggota DPR, jadi memungkinkan untuk menjadi ketua DPR," ujarnya.

Selain Azis, menurut Mahyudin, masih banyak anggota DPR Fraksi Partai Golkar yang pantas mengisi pucuk kepemimpinan DPR. 

Mahyudin menyebut, Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Agus Gumiwang juga berpeluang menjadi Ketua DPR karena integritasnya dalam partai berlambang beringin tersebut.

"Saya kira Pak Bamsoet kelasnya sama dengan Pak Azis, kalau Agus Gumiwang juga saya dengar punya kesempatan untuk menjadi ketua DPR," tandasnya.

Tags :
Rekomendasi