Ratusan Alutsista Bakal Dipamerkan dalam HUT ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023 di Monas

| 03 Oct 2023 13:15
Ratusan Alutsista Bakal Dipamerkan dalam HUT ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023 di Monas
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar gladi bersih perayaan HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta Pusat (Jakpus) pada Selasa (3/10/2023).

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, KSAD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Muhammad Ali, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan sejumlah perwira tinggi (Pati) TNI datang ke monas. Mereka memantau pelaksanaan gladi bersih ini.

Sejumlah alutsista seperti tank, helikopter, dan lainnya terlihat di Silang Monas untuk meramaikan gelaran HUT ke-78 TNI. Dua panggung dengan tiga layar besar juga telah terpasang.

"Untuk alutsista udara ada 91 pesawat, di mana salah satunya Hercules tipe C angkatan udara yang tadi ditampilkan. Kemudian alutsista darat sejumlah 140 alutsista darat dikerahkan," kata Aspers Panglima TNI, Marsda TNI Arif Widianto di kawasan Monas, Jakpus, Selasa (3/10/2023).

Adapun tema HUT ke-78 TNI adalah "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju". Dalam tema tersebut terkandung makna jika TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri tiga matra darat, laut, dan udara akan selalu solid, kokoh serta loyal kepada bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

TNI juga akan terus mengawal demokrasi bersinergi dengan seluruh komponen bangsa Indonesia. Tujuannya adalah untuk Indonesia yang maju, mandiri, dan sejahtera.

Dalam perayaan HUT ke-78 TNI, Mayjen TNI Choirul Anam nantinya akan menjadi komandan upacara. Sementara pengucap Sapta Marga dari tiga Matra TNI, yaitu Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto (Danbrigif Mek 16/WY), didampingi Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Danlanal Palembang), Kolonel Pas Dili Setiawan (Asren Kopasgat).

Sedangkan perwakilan penerima tanda kehormatan, antara lain Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko (Pangdam XIII/MDK), Mayjen TNI (Mar) Markos (Aspotmar Kasal), dan Marsda TNI Andi Kustoro (Pangkoopsud II).

Upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI akan berlangsung pada Kamis (5/10/2023) depan. Sebanyak 4.630 pasukan akan dikerahkan dalam upacara ini.

Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai inspektur upacara. Masyarakat dapat hadir ke Monas untuk menyaksikan rangkaian upacara HUT ke-78 TNI ini.

Rekomendasi