TKN Jokowi Klaim Pemerintah Sukses Bangun Kesejahteraan Sosial

| 21 Oct 2018 14:25
TKN Jokowi Klaim Pemerintah Sukses Bangun Kesejahteraan Sosial
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (Sumber: Istimewa)

Jakarta, era.id - Anggota DPR RI Fraksi PKB, Abdul Kadir Karding mengapresiasi empat tahun kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla. Menurutnya, prestasi yang paling terlihat di masa pemerintahan Presiden Jokowi adalah di bidang kesejahteraan sosial.

“Ukurannya adalah perlindungan sosial, pendidikan, dan kesehatan,” ujar Karding saat dihubungi wartawan, Minggu (21/10/2018).

Yang paling tampak, Karding bilang, adalah perlindungan sosial yang anggarannya meningkat. Pada tahun 2014 misalnya saja, untuk program mengentaskan kemiskinan dianggarkan Rp102,34 triliun sementara pada tahun 2018 anggaran ini meningkat mencapai Rp162,56 triliun.

Selain itu, untuk anggaran pendidikan pun saat ini telah meningkat sebesar Rp147,56 triliun. Padahal, di tahun 2014, anggaran yang dimasukkan pemerintah dalam APBN hanya sebesar Rp126,31 triliun. Sedangkan anggaran kesehatan meningkat di tahun 2018, mencapai Rp65,01 triliun, jauh lebih tinggi dibandingk tahun 2014 yang hanya sebesar Rp49,38 triliun.

Tak hanya menambah anggaran, menurut Karding, pemerintah Jokowi-JK secara khusus juga ingin membangun manusia. Apalagi saat ini tantangan global menuntut penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai penopang perekonomian.

“Sehingga kita harus memiliki dan menguatkan daya saing di bidang perkonomian untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Ketua DPP PKB ini juga membeberkan pembangunan ekonomi yang dilakukan pemerintah dari sektor maritim. Karding bilang, saat ini para nelayan didukung penuh oleh bank mikro dan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri. Bahkan, saat ini jumlah pelaut asing yang masuk ke Indonesia berhasil diminimalisir.

“Pemerintah juga memperbaiki kualitas investasi dalam bentuk percepatan pembangunan infrastruktur, percepatan pelaksanaan vokasi agar alumni bisa langsung diserap dunia kerja,” tutupnya.

Tags : jokowi
Rekomendasi