Lelang Lukisan, Timses Jokowi Berhasil Kumpulkan Rp20 M

Tim Editor

Pameran dan Lelang Lukisan #01 Satu Arah untuk Satu Indonesia Maju (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - Bendahara tim kampanye nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Wahyu Sakti Trenggono bilang, telah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp20 miliar dari kegiatan lelang lukisan bertajuk #01 Satu Arah untuk Satu Indonesia Maju. 

Trenggono bilang, uang yang terkumpul dari lelang itu rencananya akan digunakan sebagai dana kampanye. "Sementara terkumpul kurang lebih hampir Rp20 miliar," ungkap Trenggono saat ditemui usai acara lelang di Grand Ballroom Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Senin (11/2/2019) malam.

Pengusaha sekaligus kurator dalam acara itu bilang, dari sejumlah lukisan yang dilelang, ada satu lukisan yang terjual dengan harga tinggi yaitu 'Potret Diri Jokowi'. Dilukis oleh Kartika Affandi istri mendiang maestro asal Yogyakarta, Affandi. Lukisan berukuran 120 cm x 150 cm juga dibubuhi tanda tangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo. 


Lukisan 'Potret Diri Jokowi' yang laku Rp2 miliar (dok Istimewa)

Tak hanya itu, sejumlah lukisan dan satu buah patung juga ditawar dengan harga yang tinggi, seperti lukisan bertanda tangan Jokowi karya Heri Kris bertajuk 'Kursi Merah' laku dengan harga Rp230 juta. Ada juga lukisan karya Kartika Affandi bertajuk 'Banteng Kita' laku hingga Rp550 juta. Ada pula karya seni patung berbentuk Garuda karya pematung Nyoman Nurata yang juga laku di angka Rp 500 juta.

Menurut Trenggono kehadiran Jokowi dinilai membawa pengaruh positif saat lelang. Karenanya, tak heran bila harga barang lelang ikut merangkak naik dari harga yang ditaksir sebelumnya.

"Sejujurnya nih, pas Pak Jokowi ada di situ, yang dilelang itu bisa tinggi semua. Tapi yang dilelang tinggi cuma satu karena pas ada capres," kata dia.

"So far sih sukses. Ini sukses lah, karena banyak orang yang datang dan mereka antusias. Artinya budayawan, seniman, pengusaha, semuanya interesting gitu," jelasnya.


Jokowi melukis bersama Kartika Affandi (dok Istimewa)

Bendum TKN ini bilang, ide penggalangan dana melalui lelang lukisan ini, berangkat dari keinginan tim pemenangan yang ingin menyampaikan capaian keberhasilan pemerintah Jokowi kepada para pengusaha. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia dan BBM satu harga.

"Sederhana saja, kalau biaya logistik itu murah karena aksesnya mudah, yang nyaman kita juga. Nah, itu yang disampaikan kepada pengusaha supaya mereka interesting gitu loh untuk kemudian mereka ikut berpartisipasi," tutupnya.

Tag: jokowi pilpres 2019 sekjen pdi perjuangan hasto kristiyanto

Bagikan: