Ketiduran, Duterte Melewatkan Banyak Agenda KTT ASEAN

| 15 Nov 2018 12:47
Ketiduran, Duterte Melewatkan Banyak Agenda KTT ASEAN
Pimpinan negara ASEAN dalam acara KTT ke-33 ASEAN. (Foto: Twitter @KSPgoid)
Jakarta, era.id - Presiden Filipina Rodrigo Duterte melewatkan beberapa pertemuan di KTT ASEAN ke-33 di Singapura karena tidur siang. Duterte dan para pemimpin dunia lainnya akan melakukan KTT ini pada 11–15 November 2018

Dilansir BBC.com, Kamis (15/11/2018), seorang juru bicara mengatakan, Duterte melewatkan empat peristiwa yang dijadwalkan pada hari Rabu (14/11) karena dia tidur siang. 

"Ada apa dengan tidurku?" kata Duterte.

Duterte memang pernah melewatkan beberapa acara KTT internasional lainnya, serta beberapa acara Filipina. Faktor kesehatan yang diduga dia mudah tidur. Bahkan, pada Oktober dia mengungkapkan memiliki ketakutan terserang kanker.

Juru bicara Salvador Panelo mengatakan, Duterte sering kerja lembur dan tidur hanya kurang dari tiga jam.

Ketika ditanya apakah Duterte benar-benar bisa beristirahat, dia bilang tidur siang itu masih belum cukup baik, tetapi cukup untuk mempertahankan kesehatannya. 

Panelo juga menjelaskan, ketidakhadiran Duterte dalam KTT ASEAN tidak ada hubungannya dengan kesehatannya.

"Jadwal kerja yang konsisten membuktikan dia dalam kondisi yang prima," katanya dalam sebuah pernyataan.

Duterte sebelumnya mengakui bahwa dia lelah dan siap untuk berhenti dari jabatannya, tetapi sampai saat ini dia belum menemukan pengganti yang cocok.

Tapi, Duterte bukan satu-satunya pejabat yang tertangkap tidur di pertemuan ASEAN tahun ini.

Sejumlah wartawan juga menangkap gambar presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, tampak tertidur. Moon pun bangun setelah Wakil Presiden AS Mike Pence tiba.

Rekomendasi