Gajah di Aceh Ditemukan Mati Tanpa Gading

| 15 Nov 2018 14:43
 Gajah di Aceh Ditemukan Mati Tanpa Gading
Ilustrasi (Pixabay)
Banda Aceh, era.id - Seekor gajah jantan ditemukan mati dengan kondisi gading hilang dan bercak di Gampong Blang Awe, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh.

Dilansir dari Antara, Kamis (15/11/2018), Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan temuan itu dilaporkan, Rabu (14/11) malam.

"Informasi ersebut disampaikan petugas Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan atau BKPH Krueng Tiro yang berdomisili di Meureudu," kata dia.

Petugas BKPH Krueng Tiro tersebut menambahkan, tidak berani berlama-lama di lokasi temuan gajah jantan mati tersebut karena kawanan gajah lainnya berupaya mendekat.

Ia juga sudah melaporkan temuan kematian gajah jantan dengan kondisi gading hilang tersebut ke Polres Pidie. Tim BKSDA pun sudah diberangkatkan ke lokasi kejadian dan melakukan neukropsi atau membedah gajah mati itu.

"Penyebab kematian gajah jantan tersebut belum dapat kami pastikan. Namun menunggu hasil neukropsi tim yang sudah ke lokasi kejadian bersama dengan kepolisian," kata dia.

Kendati penyebab kematian gajah belum bisa dipastikan, namun Sapto menegaskan gajah jantan tersebut mati karena perburuan. Hal ini bisa dibuktikan tidak adanya atau gading gajah tersebut hilang.

"Kami menduga gajah jantan tersebut mati karena perburuan. Apalagi lokasi gajah mati tersebut berada di pinggir kawasan hutan lindung dan bukan area konflik gajah dengan manusia," kata Sapto.

Rekomendasi