Canggih! Ada RoboCop di KTT ASEAN

Tim Editor

    Robot polisi di KTT ASEAN (Channel News Asia)

    Singapura, era.id - Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-33 ASEAN tengah berlangsung di Suntec City, Singapura. Tak hanya personel kepolisian yang dikerahkan untuk mengamankan kawasan itu, ternyata pemerintah Singapura juga diperbantukan oleh 'RoboCop'.

    Dilansir Channel News Asia, Kamis (15/11/2018) kepolisian Singapura (SPF) mengoperasikan robot polisi otonom, berbentuk seperti tank yang memiliki empat roda lengkap dengan lampu patroli. Robot berukuran 1,5 meter ini juga dilengkapi kamera yang dapat berputar 360 derajat dan mampu menganalisa aktifitas yang mencurigakan.

    "Prototipe ini dirancang melalui kolaborasi antara kepolisian dengan mitra industri. Ini bagian dari percobaan yang sedang berlangsung untuk mengeksplorasi potensi robot dalam meningkatkan kemampuan operasional SPF," tulis dalam pernyataan polisi Singapura, seperti dikutip dari Channel News Asia.

    Robot yang dikembangkan khusus untuk membantu tugas kepolisian tersebut memiliki kemampuan navigasi secara independen pada rute yang telah dipetakan dan mampu menghindari rintangan. Robocop ini juga memiliki interkom yang dapat terintegrasi dengan pos komando polisi.

    "Ini merupakan langkah positif dalam upaya kami membangun aset robotika kami yang dapat digunakan dalam berbagai aspek kepolisian seperti operasi keamanan, keterlibatan dalam masyarakat, dan keamanan pelindung," lanjut pernyataan tersebut.
     


    Selain fungsinya untuk menjaga keamanan sekitar, ternyata robot polisi ini cukup menarik perhatian pengunjung KTT ASEAN yang berlangsung sejak, Minggu (11/11).

    Tak hanya dihadiri pimpinan negara-negara di ASEAN. Pemimpin dari negara sahabat seperti Perdana Menteri China Li Keqiang, Wakil Presiden AS Mike Pence, serta Presiden Rusia Vladimir Putin.
     

    Tag: chipset teknologi 7nm robot pepper ktt asean singapura hari perempuan internasional

    Bagikan :