Besarnya Anggaran Pilkada, Apa Kata Parpol?

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi Pilkada (era.id)

Jakarta, era.id – Apa sih tanggapan partai politik soal anggaran Pilkada 2018 yang mencapai lebih dari Rp15 triliun?

Ada yang menilai wajar karena tersedianya anggaran dianggap menentukan hasil pesta demokrasi. Tapi, ada juga yang mengatakan besarnya anggaran tidak menjamin terpilihnya pemimpin berkualitas.

Yuk, kita simak apa kata wakil rakyat soal anggaran pilkada;

Wakil Ketua DPR dan Wakil Ketua Umum PAN, Taufik Kurniawan: Sekarang kan jumlah pilkadanya lebih banyak, ya otomatis kebutuhan logistiknya juga banyak.

Ketua Komisi II DPR dan Koordinator Bidang Pembangunan Daerah DPP Partai Golkar, Zainudin Amali: Inilah harga sebuah demokrasi. Kami berharap ada korelasi antara anggaran besar dengan kualitas.

Ketua DPP Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua Komisi II DPR Riza Patria: Kepala daerah berkualitas jadi tanggung jawab partai politik untuk memilih figur berintegritas sebagai calon kepala daerah. Mau anggarannya sebesar apapun, kalau kualitas calonnya enggak baik, ya hasilnya pasti enggak baik. 

Anggota Komisi II DPR Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan: Sedikit banyaknya itu pasti ada perbaikan. Mudah-mudahan saja demokrasinya bisa lebih baik dan berkualitas. Opini saya, kualitas demokrasinya bisa lebih baik lagi. Kenapa? Karena anggarannya cukup.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, anggota Komisi I DPR Syarief Hasan: Soal anggaran itu relatif, yang penting penggunaannya transparan dan tugas partai untuk mencari orang yang memiliki akuntabilitas, kapabilitas, integritas, dan akseptabilitas.

So, gimana menurut kamu? Di luar perdebatan besar kecilnya anggaran, yang lebih penting adalah ikut andil memberikan hak pilih demi mendapatkan pemimpin berkualitas.

Yakin masih mau golput?

Tag: lipsus pilkada

Bagikan: