FOTO: Suasana Maulid di 'Kandang' Jawara

Tim Editor
Serang, era.id - Umat Islam seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada tanggal 12 Rabiulawal 1440 H, Selasa (20/11) kemarin. Berbagai cara pun dilakukan untuk menyambut kelahiran tokoh paling berpengaruh dalam dunia Islam tersebut, salah satunya yang dilakukan Pondok Pesantren Nurussamawati Wal Ardi di Serang, Banten. 

Berbeda dengan kebanyakan peringatan Maulid pada umumnya, yang banyak menampilkan kesenian rebana atau hadrah --alat musik khas Timur Tengah-- di ponpes ini justru menampilkan musik kendang pencak khas Jawa Barat. 

Musik ini biasanya menjadi pengiring saat para pesilat mengeluarkan jurus-jurusnya. Di Banten sendiri, musik ini juga biasa mengiringi para pemain kesenian debus.

Selain memperingati Maulid Nabi, peringatan kali ini juga sekaligus dukungan terhadap paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin di Pemilu Presiden 2019.

Tak hanya membacakan riwayat kelahiran Nabi Muhammad SAW, pada peringatan maulid kali ini ditampilkan kesenian Pencak Silat Panca Tunggal, berikut dengan kesenian debus yang keseluruhan dimainkan oleh para santri ponpes.

Tag: maulid nabi 2018

Bagikan: