Berukuran Jumbo, Seekor Sapi di Australia Batal Disembelih

| 30 Nov 2018 07:45
Berukuran Jumbo, Seekor Sapi di Australia Batal Disembelih
Sapi Jumbo di Australia (Foto: Twitter @susanamet)
Perth, era.id - Seekor sapi di sebuah peternakan di Australia telah tumbuh menjadi sangat besar sehingga pemiliknya kesulitan untuk menjual maupun membawanya ke rumah pemotongan hewan. Sapi jenis Holstein Friesian yang diberi nama Knickers oleh pemiliknya itu memiliki bobot hampir 1,4 ton dan tinggi 194 sentimeter.  Ukurannya yang jumbo membuat sapi lainnya terlihat kecil.

Mengutip dari Daily Mirror, Kamis (29/11) menurut sang pemilik, Geoff Pearson, dia membeli Knickers pertama kali, saat usia sapi itu baru 12 bulan dengan harga 400 dolar Australia. Kini sapi yang berusia 7 tahun itu telah memiliki ukuran paling besar diantara sapi-sapi lainnya.

Mulanya, dia membeli Knickers bersama sejumlah sapi lainnya yang sejenis dari sebuah peternakan. Sejak dibeli, sapi jantan itu sudah jadi yang paling menonjol dibanding ternak yang lain karena ukurannya yang besar.

"Dia selalu sedikit lebih besar dan lebih menonjol dibandingkan ternak lainnya," kata Pearson dilansir Daily Mirror.

Namun yang tidak disangka, seiring waktu Knickers tumbuh semakin besar, bahkan menjadi jauh lebih besar dari sapi lain sejenisnya. Pearson mengaku sempat mencoba menjual sapi itu dalam sebuah lelang yang digelar bulan lalu, tapi tak ada pengelola rumah potong yang mau mengangkutnya. 

"Dia terlalu berat, tidak muat di alat pemrosesan daging. Saya kira dia akan hidup bahagia selamanya," kata Pearson ketika diwawancara media lokal Australia, Perth Now.

 

Kini Knickers si sapi jantan raksasa tersebut hanya akan dibiarkan berkeliaran di ladang peternakan yang berlokasi di dekat Danau Preston, kawasan Myalop, sekitar 136 kilometer arah selatan Perth. 

Pearson juga mengatakan Knickers jadi primadona di antara sapi-sapi lainnya. Barangkali karena tubuhnya yang besar, dia jadi sapi paling gagah dibanding yang lain.

"Ketika dia diletakkan di kandang, semua sapi tertarik kepadanya. Ketika berdiri dan mulai berjalan, ratusan sapi lainnya mengikut dia," lanjut Pearson.

Sapi itu juga telah menjadi sorotan media lokal selama beberapa tahun terakhir. Knickers disebut sebagai sapi ternak terbesar di Australia, meski hal itu belum resmi. Menurut catatan dalam buku rekor Guinness, sapi ternak terbesar di dunia yang masih hidup adalah Belino di Roma, yang tercatat pada Maret 2010 memiliki tinggi 198 sentimeter.

Tags : australia
Rekomendasi