3 Batu Kecil dari Bulan Laku Rp12 Milliar

Tim Editor

Batu dari bulan yang dilelang di lembaga lelang Sothebys. (Foto: Twitter @Sothebys)

Jakarta, era.id - Tiga batu kecil yang berasal dari Bulan, diambil pada tahun 1970 oleh misi Luna-16 Soviet tanpa awak, dijual seharga 855.000 dolar AS atau Rp12 miliar (dengan kurs Rp14.200 per dolar) pada hari Kamis, (29/11) di balai lelang Sotheby, New York.

Dilansir dari voanews.com, Jumat (30/11/2018), mereka adalah satu-satunya batu dari Bulan yang didokumentasikan dan dikelola swasta.

Sementara, kolektor AS yang membeli batu itu tidak memberikan namanya.

Penjual, juga dari AS, membeli batu sebesar dolar 442,500 pada penjualan sejarah ruang angkasa Sotheby di Rusia pada tahun 1993. Itu adalah pertama kalinya sepotong benda selestial dijual ke publik.
 


Batu-batu ini awalnya diberikan kepada janda Sergei Pavlovich Korolev, mantan direktur program luar angkasa Uni Soviet, oleh pemerintah Soviet sebagai pengakuan atas pekerjaan suaminya.

Sangat langka untuk sampel batu Lunar asli ini dijual ke pasar. Sementara, di Amerika Serikat, semua sampel yang dikumpulkan oleh astronotnya dianggap milik pemerintah AS, kecuali satu.

Tahun lalu, tas yang digunakan oleh astronot Apollo 11, Neil Armstrong untuk mengumpulkan debu bulan, dijual oleh Sotheby seharga 1,8 juta dolar AS, dan membukukan laba yang lumayan untuk pemiliknya.

Seorang wanita daerah Chicago, Nancy Carlson, membeli tas itu pada lelang pemerintah online seharga 995 dolar AS. Sebenarnya, proses lelang ini adalah salah diidentifikasi dan dianggap sudah layak jual lantaran terbebas dari benda-benda luar angkasa. Tapi, setelah diteliti, tas tersebut ternyata masih mengandung debu bulan.

NASA berjuang untuk mempertahankan tas itu tetapi kalah dalam pengadilan di tahun 2016.

Tag: antariksa cara ikut lelang kpk

Bagikan: