Diduga Dibantu Petugas, Seorang Napi Lapas Cipinang Kabur

| 09 Dec 2018 12:05
Diduga Dibantu Petugas, Seorang Napi Lapas Cipinang Kabur
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Seorang narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, melarikan diri pada Sabtu (8/12). Warga binaan tersebut diduga kabur pada rentang waktu malam hari menjelang pagi hari.

"Iya benar kejadiannya (diketahui) kemarin pagi, regu jaga pagi menerima dari regu jaga malam," kata Kepala Lapas Kelas I Cipinang Oga G Darmawan saat dikonfirmasi, Minggu (9/12/2018).

Oga menjelaskan, jumlah napi ditempatnya ada sebanyak 4.126. Namun saat serah terima dari petugas jaga piket malam ke pagi hanya tercatat ada 4.125. Pada saat itulah petugas mengetahui bahwa ada satu narapidana yang diduga kabur.

"Jadi selisih kurang satu," katanya lagi.

Hingga kini satu napi itu masih dicari. Pihaknya lapas juga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan melaporkan kejadian tersebut.

Oga menduga ada seorang oknum petugas perempuan di Lapas Kelas I Cipinang membantu kaburnya napi tersebut. "Diduga ada itu (bantuan si oknum perempuan)," tutur dia.

Padahal, Oga menyebut pengamanan yang dilakukan sudah sesuai prosedur. Ia pun langsung berkoordinasi dan meminta polisi memeriksa oknum petugas yang tidak disebutkan identitasnya itu.

"Secara unsur semua sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), hanya saja mungkin oknum ini," katanya.

Tags : lapas
Rekomendasi