Panjat Piramida Giza, Fotografer ini Dicari Pemerintah Mesir

Tim Editor

Ilustrasi Piramida Giza (Pixabay)

Jakarta, era.id - Pemerintah Mesir tengah menelusuri sebuah rekaman video sepasang kekasih yang berpose bugil di puncak Piramida Agung Giza. Dalam video berdurasi 3 menit yang tersebar di internet itu telah menimbulkan kemarahan dari sejarawan dan arkeolog Mesir.

"Sebuah video yang memperlihatkan dua warga asing memanjat piramida pada saat malam dan berpose telanjang telah melanggar moralitas publik," kata Menteri Kepurbakalaan Mesir, Khaled al-Anani, sebagaimana dikutip laman Al-Ahram dari laman Egypt Today, Rabu (12/12/2018).

Menurut media online Mesir, video itu diunggah oleh Fotografer sekaligus urban explorer asal Denmark bernama Andreas Hvid. Banyak orang mengutuk tindakan Andreas Hvid yang nekat 'ena-ena' di puncak Piramida Giza.


Layar tangkap Instagram @Andreas.Hvid

Bukan tanpa sebab, tindakan mereka memanjat piramida saja sudah merupakan bentuk pelanggaran hukum di Mesir dan bisa dikenai sanksi penjara. Apalagi sampai melakukan hal vulgar semacam itu di puncak Piramida Giza.

Mengutip hasil wawancaran koran Denmark, Ekstrabladet. Hvid mengakui tindakannya itu karena sudah lama terobsesi dari daya tarik Piramida Giza. Hingga pada akhir November lalu, Hvid dan pasangannya berhasil nekat memanjat piramida tersebut secara diam-diam dan mengabadikan momen foto di puncak Piramida Giza.

Hvid menggambarkan perasaannya ketika berhasil mencapai puncak piramida sebagai “euforik” dan pemandangan dari atas amatlah 'mistis'. Dari unggahan akun instagramnya memperlihatkan Hvid yang terkesima dengan pemandangan kota Kairo dari puncak piramida.
 


Hvid tidak menyangka begitu banyak orang tersinggung akibat foto tersebut, dan bahwa dia mematuhi peraturan penjelajah urban, yaitu "hanya mengambil foto dan hanya meninggalkan jejak kaki."

Rupanya ini bukan pengalaman pertama Hvid di dunia fotografi ilegal. Di situs webnya, dia mengklaim telah memberanikan diri masuk ke Chernobyl, dan memiliki banyak foto dari perjalanan tersebut yang diambil dari atas pencakar langit. Di kolom bio medosnya, Hvid yang berumur 23 tahun mengaku sudah sepuluh tahun menjadi penjelajah urban atau urban explorer.

Tag: mesir hari perempuan internasional

Bagikan: