Diklaim Cuaca Tak Normal, Foto Penampakan Salju di Mesir Bikin Warganet Heran, Simak Penjelasannya

| 30 Dec 2020 21:01
Diklaim Cuaca Tak Normal, Foto Penampakan Salju di Mesir Bikin Warganet Heran, Simak Penjelasannya
Foto Tobu World Square di Jepang yang diklaim berada di Mesir. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sebuah akun Twitter bernama @Ran_Paratrooper mengunggah foto Piramida dan Sphinx dengan menyebut bahwa saat ini Mesir sedang turun salju pada 19 desember 2020. Ia bahkan mengatakan fenomena tersebut terjadi karena kondisi cuaca yang tidak normal.

"Salju Di Mesir…Cuaca Tidak Normal," tulis akun tersebut dengan bahasa Jepang. 

Cuitan tersebut sudah di-retweets lebih dari 11 ribu kali dan di-likes sebanyak 90 ribu pengguna Twitter lain.

Setelah ditelusuri, dilansir dari laman turnbackhoax.id, baik foto Piramida ataupun Sphinx tersebut tidak diambil di Mesir. Kedua ikon terkenal tersebut hanyalah miniatur yang berada di Tobu World Square, Kota Nikko, Prefektur Tochigi, Jepang. 

Tobu World Square di Jepang. (Foto: Istimewa)

Meskipun unggahan tersebut sudah diklarifikasi oleh yang bersangkutan bahwa lokasi sebenarnya berada di Tobu World Square. Namun, postingan tersebut sudah terlanjur viral di kalangan pengguna Twitter.

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa foto-foto (Mesir) yang saya posting diambil di sebuah fasilitas di Kinugawa, di mana miniatur tempat terkenal di dunia yang disebut Tobu World Square dipamerkan. Jika kalian percaya mohon maafkan saya," tambah akun tersebut.

Beberapa warganet juga meragukan kebenaran kebenaran fakta Mesir bersalju tersebut. Seperti akun Twitter @gyokusekikongou yang melihat penampakan miniatur menara Eiffel menyembul dalam foto tersebut.

"Saya melihat Menara Eiffel muncul dari balik piramida."

"Awalnya saya percaya bahwa itu terjadi di Mesir. Namun, saya menyadari ada menara Eiffel di belakang," tulis akun lain @sapurarora.

Zona Mesir memang ada di Tombu World Square. Taman hiburan yang berisi 14 ribu miniatur itu menampilkan Piramida dan Sphinx sebagai salah satu obyeknya. Namun, hal yang menunjukkan bahwa Piramida dan Sphinx tersebut tidak berada di Mesir adalah adanya miniatur Menara Eiffel di belakang Piramida itu. 

Di Google Maps, terlihat jelas bahwa miniatur Menara Eiffel di Tombu World Squre berada di belakang Zona Mesir.

Sekedar informasi, Taman ini terdiri dari enam zona yaitu Jepang, Jepang modern, Amerika, Eropa, Asia dan Mesir. Meskipun sulit untuk melakukan perjalanan keliling dunia, kamu dapat merasa seperti melakukan perjalanan keliling dunia dalam satu hari di sini.

Kesimpulannya, klaim bahwa Mesir bersalju karena cuaca yang tidak normal adalah salah dan termasuk berita bohong atau hoaks.

Tobu World Square di Jepang. (Foto: Istimewa)
Rekomendasi