Para Polisi Pendukung Bisnis Obat Bius

| 19 Dec 2018 11:34
Para Polisi Pendukung Bisnis Obat Bius
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Lebih 50 petugas kepolisian yang berpatroli di kawasan yang sama di Sao Paulo ditangkap Selasa (18/12). Para polisi itu dituduh para jaksa negara menerima upeti dari kelompok pengedar obat bius terbesar di Brazil guna melancarkan bisnis ilegal di wilayah tersebut.

Unit penyelidikan internal kepolisian Sao Paulo bekerja sama dengan jaksa negara yang memusatkan upaya memberantas kelompok kuat pengedar obat bius First Capital Command (PCC).

Kerja sama dilakukan untuk mengumpulkan apa yang para jaksa katakan dalam pernyataan merupakan bukti persekongkolan antara para petugas dan kartel itu.

PCC berkembang menjadi kuat dalam beberapa tahun terakhir, kata para penyelidik. Kartel tersebut kini banyak mengendalikan pengiriman kokaina dan senjata ke Brazil serta arus obat bius, yang berkembang di negara-negara tetangga dan dikirim ke Afrika dan Eropa melalui pelabuhan-pelabuhan Brazil.

Pada Selasa siang, 53 anggota Batalion ke-22 Kepolisian Negara Bagian Sao Paulo ditangkap - hampir 10 persen dari jumlah personel batalion itu, menurut para jaksa negara. Tiga tersangka anggota PCC juga ditangkap.

Memerangi kejahatan dan kelompok-kelompok pengedar obat terlarang di Brazil merupakan prioritas utama bagi Presiden terpilih Jair Bolsonaro, yang mengampanyekan landasan hukum dan ketertiban serta secara terbuka menyerukan kepolisian membunuh para anggota kelompok obat terlarang.

Namun, operasi pada Selasa di negara-negara bagian paling aman di Brazil menggarisbawahi kompleksitas situasi kemananan negara itu. Polisi bergaji rendah dan kurang terlatih sering ditemukan memberi tahu kelompok-kelompok obat terlarang mengenai operasi polisi, atau menjadi anggota aktif dari milisi paramiliter yang memerangi kelompok-kelompok obat terlarang untuk mencari uang tambahan.

Rekomendasi