Tol Trans Jawa Terhubung, Menhub: Rest Areanya Lengkap

Tim Editor

Menhub Budi lepas keberangkatan 2.500 Pemudik gratis Natal dan Tahun Baru (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta ke Surabaya sudah tersambung dan bisa dilalui. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga mengatakan fasilitas pendukung seperti rest area di sepanjang Tol Trans Jawa telah rampung dan siap digunakan untuk para pemudik Natal dan Tahun Baru 2019.

"Sekarang dari Jakarta ke Semarang sudah terasa, jalan tolnya mantep banget. Sekarang ini kita juga punya rest area," kata Budi usai melepas keberangkatan pemudik gratis Natal dan Tahun Baru di Lapangan Silang Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu (22/12/2018).

Budi Karya juga meminta pengendara maupun pemudik yang melintasi Tol Trans Jaawa untuk tidak lupa berwisata ke kota-kota di daerah sekitar. Pemerintah, kata dia, sudah menyiapkan wisata kuliner menarik di daerah-daerah yang dilalui jalan tol Jakarta-Surabaya dan berada di setiap rest area.

"Kuliner kita di daerah tuh enak sekali. Tapi, yang lebih penting lagi di sepanjang jalan tol itu banyak kuliner UMKM seperti sate, ayam, dan pecel. Dengan mereka makan makanan kearifan lokal itu akan membangkitkan ekonomi daerah yang memang musti kita bangkitkan," jelas dia.

Hari ini, Kemenhub bekerja sama dengan Jasa Raharja melepas keberangkatan 2500 warga untuk mudik gratis jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019. Dengan 50 bus, para pemudik diberangkatkan menuju lima kota besar di Jawa Tengah dan Jawa timur, yaitu Solo, Semarang, Yogyakarta, Boyolali, dan Malang.

Sebelumnya, Jalan tol dari Jakarta ke Surabaya sepanjang 741 kilometer telah tersambung. Jalan tersebut sudah beroperasi dan 7 ruas jalan tol di Jawa Tengah dan Jawa Timur telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada Kamis (20/12).
 

Tag: kemenhub budi karya sumadi mudik dies natalis ipb selamat tahun baru imlek gong xi fa cai

Bagikan: