Jelang Mudik, Catat Lokasi SPKLU di Rest Area Tol Trans Jawa dan Sumatra Berikut Ini

| 11 Apr 2023 00:05
Jelang Mudik, Catat Lokasi SPKLU di Rest Area Tol Trans Jawa dan Sumatra Berikut Ini
Ilustrasi SPKLU (antaranews)

ERA.id - Lebaran sebentar lagi, arus mudik segera terjadi. Berbagai jenis kendaraan siang memenuhi jalanan, termasuk mobil listrik. Terkait hal itu, para pengguna kendaraan listrik perlu tahu lokasi SPKLU di res area tol trans Jawa agar perjalanan lancar tanpa kendala.

Untuk diketahui, PT PLN (Persero) menyiapkan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk para pengguna mobil listrik akan melakukan mudik Lebaran 2023. Meski pengguna kendaraan jenis ini masih sedikit, tetapi PLN telah menyiapkan 616 SPKLU di 237 lokasi di Indonesia.

Orang mengisi daya mobil listrik di SPKLU di Surabaya (antaranews)

Beberapa SPKLU tersebut ada di jalan tol yang menjadi jalur mudik, yaitu sembilan di Tol Trans Jawa dan enam unit di Tol Trans Sumatra. Dirut PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, mengatakan bahwa 616 SPKLU bisa dimanfaatkan pengguna kendaraan listrik dan siap melayani masyarakat saat mudik tahun ini.

"PLN memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya," jelas Darmawan, dikutip Era.id dari situs resmi PLN, Sabtu, 8 April 2023.

Daftar Lokasi SPKLU di Rest Area Tol Trans Jawa dan Sumatra

Lokasi sembilan SPKLU di rest area di Tol Trans Jawa:

-      Rest Area Kilometer 519 A (Solo—Ngawi)

-      Rest Area KM 519 B (Ngawi—Solo)

-      Rest Area KM 389 B (Batang—Semarang)

-      Rest Area KM 379 A (Semarang—Batang)

-      Rest Area KM 626 B (Kertosono—Madiun)

-      Rest Area KM 207 A (Palikanci)

-      Rest Area 208 B (Palikanci)

-      Rest Area KM 10,6 Tol Jagorawi

-      Rest Area KM 6 (Jakarta—Cikampek).

Lokasi enam SPKLU di rest area di Tol Trans Sumatera:

-      Rest Area KM 20 B Lampung (Tol Bakauheni—Kayu Agung)

-      Rest Area KM 49 A Lampung—Palembang

-      Rest Area KM 163 A Lampung Tengah

-      Rest Area KM 172 B Tulang Bawang Barat

-      Rest Area KM 269 Terpeka (Tol Bakauheni—Kayu Agung)

-      Rest Area KM 277 Terpeka (Tol Bakauheni—Kayu Agung).

Fasilitas dan Persebaran SKPLU

Darmawan menjelaskan, pihaknya terus melakukan peningkatan jumlah SPKLU demi meningkatkan kepercayaan publik agar beralih menggunakan kendaraan listrik.

"Kami terus memperbanyak SPKLU untuk bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat beralih ke kendaraan listrik. PLN berkomitmen mendukung ekosistem yang mumpuni dan andal bagi pengguna kendaraan listrik (EV) di Indonesia," paparnya.

SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, lanjut Darmawan, memiliki tiga jenis pengisian daya, yaitu medium charging, fast charging, dan ultra fast charging.

Sebagian besar SPKLU di Indonesia berada di Pulau Jawa. Dari total 616 SPKLU di 237 lokasi, 171 lokasi berada di Pulau Jawa, 35 lokasi di Sumatra, 34 lokasi di Bali, 12 lokasi di Kalimantan, 14 lokasi di Sulawesi, 2 lokasi di Maluku, 9 lokasi di Nusa Tenggara, dan 2 lokasi di Papua.

Pengguna bisa menemukan lokasi SPKLU terdekat menggunakan aplikasi PLN Mobile. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan harus mengisi daya di mana.

"Bagi pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya tinggal buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU. PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik," tandas Darmawan.

Rekomendasi