Pergantian Tahun Jangan Malah Buang Sampah

| 31 Dec 2018 17:40
Pergantian Tahun Jangan Malah Buang Sampah
Salah satu sudut di Yogyakarta (Foto: Mahesa/era.id)
Yogyakarta, era.id - Sudah jamak terjadi, malam pergantian tahun justru jadi kerja keras bagi petugas kebersihan karena sampah yang menumpuk di sepanjang jalan. Kali ini, Yogyakarta ingin coba mengubah persepsi itu.

Jika biasanya usai malam perayaan tahun baru malah makin meningkat volume sampah, coba dihalau dengan gerakan Yogja Bersih Sampah. Warga Yogya yang mau habisin pergantian tahun di jalanan, diminta untuk membawa kantong sampah sendiri. Jadi enggak ada alasan lagi harus buang sampah sembarangan. 

Gerakan tersebut sudah dituangkan dalam bentuk Surat Edaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Nomor 800/5529 yang disusun merujuk pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkugan Hidup dan Kehutanan Nomor SE.3 PSLB3/PS/PLB.01/12/2018 tentang imbauan bersih sampah pada perayaan malam tahun baru.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Suyana bilang, wisatawan yang merayakan malam tahun baru di beberapa titik di Kota Yogyakarta diminta mengurangi dan menaruh sampah tepat pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah yang dibuang. Selain itu, penyelenggara kegiatan pada malam perayaan tahun baru juga diminta untuk mengusung tema "less waste event" dan menyediakan fasilitas penampung sampah terpilah yaitu sampah organik dan nonorganik.

Sedangkan komunitas atau kelompok peduli sampah diminta berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta terkait penimbangan dan penghitungan jumlah sampah yang terkumpul dan terpilah sesuai jenisnya. 

"Biasanya, usai perayaan malam pergantian tahun terjadi peningkatan volume sampah sekitar 10 persen. Jumlahnya tidak signifikan, tetapi sebaran sampah yang bertambah," kata Suyana dilansir dari Antara, Senin (31/12/2018).

Selain di Malioboro, Suyana akan melakukan pemantauan terhadap gerakan tersebut di sejumlah titik seperti Alun-Alun Utara, Alun-Alun Selatan, Tugu, Jalan Solo dan sekitar kompleks Balai Kota Yogyakarta. Suyana mengatakan, sampah yang dihasilkan pada malam perayaan tahun baru didominasi oleh sampah plastik dan kertas.

"Meskipun tidak mudah terurai atau membusuk, tetapi sampah tersebut tetap harus segera dibersihkan," kata Suyana yang akan tetap menerjunkan seluruh petugas penyapu usai malam perayaan pergantian tahun.

Rekomendasi