Produksi Sampah di Kota Solo Pada Malam Tahun Baru Meningkat, Mencapai 18,7 Ton

| 01 Jan 2023 23:55
Produksi Sampah di Kota Solo Pada Malam Tahun Baru Meningkat, Mencapai 18,7 Ton
Suasana perayaan malam tahun baru di depan Balai Kota Solo (Dok. Era.id/Amalia Putri)

ERA.id - Pada malam pergantian tahun baru, produksi sampah di kota Solo mencapai 18,7 ton. Kenaikan jumlah sampah ini dikarenakan adanya perayaan pergantian tahun baik dari kegiatan Solo Car Free Night (CFN) dan dilanjutkan dengan Car Free Day (CFD).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo mengatakan produksi sampah di sepanjang CFN dan CFD mencapai 18,7 ton. Rinciannya pada CFN, sampah mencapai 13 ton dan paginya selama pelaksanaan CFD sampah mencapai 5,7 ton.

”Makanya kami terjunkan ratusan personel kebersihan sepanjang akhir pekkan ini. Sejak Sabtu (31/12/2022) siang kami sudah siaga. Malamnya kami juga lakukan pembersihan untuk bisa menyiapkan CFD pagi harinya,” katanya.

Untuk mengantisipasi adanya sampah menumpuk di jalanan, ia menyiapkan tambahan tong sampah portable. Di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Jenderal Sudirman, disiapkan 60 tong sampah portable.

”Memang sudah kami prediksikan ada kenaikan sampah. Apalagi ini event malam pergantian tahun pertama tanpa pembatasan setelah pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan ada 14 panggung yang disediakan untuk warga dalam malam pergantian tahun baru. Apalagi di malam tahun baru, tak hanya warga Solo yang merayakan, banyak warga luar kota yang sengaja datang ke Solo untuk merayakan malam tahun baru.

”Solo ini punya daya tarik tersendiri untuk masarakat. Makanya banyak yang datang dari mana saja,” ucapnya.

Tags : sampah solo
Rekomendasi