Laman Silsilah Keluarga Ungkap Kasus Perkosaan di California

| 12 Jan 2019 21:05
Laman Silsilah Keluarga Ungkap Kasus Perkosaan di California
Ilustrasi (Pixabay)
Los Angeles, era.id - Seorang pria asal California ditangkap terkait kasus perkosaan yang terjadi pada tahun 1990-an. Kasusnya kembali terungkap setelah DNA-nya berhasil dihubungkan dengan lokasi kejadian, berkat laman silsilah yang mengungkap tersangka dan saudara kembarnya.

Kevin Konther (53) ditangkap di rumahnya di wilayah selatan California, Kamis (10/1) waktu setempat atas dugaan kasus perkosaan dan penculikan serta pelecehan pada anak --salah satunya berusia sembilan tahun--, kata juru bicara kepala polisi Orange County, Carrie Braun.

Konther dikenali polisi dengan memakai cara yang sama seperti yang baru-baru ini digunakan untuk mengungkap kejahatan yang telah lama terjadi. Tahun lalu, seorang mantan polisi berusia 73 tahun ditangkap dalam kaitan kejahatan pembunuhan dan perkosaan berantai "Golden State Killer" di California pada 1970-1980 an.

Dalam penyelidikan atas kasus perkosaan tahun 1990-an, yang dilakukan oleh para penyelidik dari Orange County bekerja sama dengan FBI contoh-contoh DNA yang dikumpulkan dari dua tempat kejadian dibandingkan dengan yang terdapat pada laman yang digunakan oleh para pelanggan untuk menemukan leluhur mereka, kata Braun.

Para penyelidik memanfaatkan laman tersebut untuk mencari silsilah keluarga yang cocok, melacak hubungan darah yang secara kasar sesuai dengan sosok tersangka kejahatan.

Baik Konther dan saudara kembarnya dibawa ke tahanan pada Kamis sebelum penyelidik mengenali Konther sebagai tersangka lalu membebaskan saudara laki-lakinya, yang jati dirinya tidak dibuka. Braun menolak menyebutkan nama laman yang digunakan juga anggota keluarga yang DNA-nya mengarah pada tersangka.

Konther ditahan dengan jaminan sejuta dolar untuk menghadapi sidang yang akan dilakukan pada Senin untuk menghadapi tuduhan pemerkosaan, pelecehan seksual pada anak berusia di bawah 14 tahun. Kepolisian meminta masyarakat untuk membantu apabila memiliki informasi terkait kasus tersebut.

Supaya kamu tahu, gadis berusia sembilan tahun yang menjadi korbannya sedang berjalan pulang dari sebuah toko serba ada Lake Forrest pada 21 Oktober 1995 malam ketika seorang laki-laki menyeretnya ke sebuah hutan dan memerkosanya, menurut kantor kepolisian.

Tiga tahun kemudian seorang perempuan berumur 31 tahun sedang lari di jalur lari Mission Viejo, California, ketika diseret ke semak-semak dan diperkosa oleh seorang pria yang kemudian melarikan diri. Kedua korban melaporkan serangan tu kepada polisi namun selama dua dasawarsa DNA yang dikumpulkan tidak sesuai dengan data semua tersangka di FBI, kata Braun.

 

Tags : kriminalitas
Rekomendasi