Imlek, Hujan, dan Berkah Tahun Ini

| 05 Feb 2019 07:03
Imlek, Hujan, dan Berkah Tahun Ini
Foto Ilustrasi (Yudhistira/era.id)
Jakarta, era.id - Di Indonesia, tahun baru Cina alias Imlek selalu dikaitkan dengan turunnya hujan. Tiada berkah tanpa hujan,  begitu kira-kira. Sebenarnya, apa kaitan antara hujan dan Imlek, serta bagaimana kira-kira dengan Imlek tahun ini?

Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Agie Wandala Putra menjelaskan, Imlek identik dengan hujan karena Imlek selalu jatuh pada tanggal di mana puncak musim hujan terjadi.

"Imlek terjadi saat puncak musim hujan khususnya di sebagian besar Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi," katanya dikutip dari Tempo, Selasa (5/2/2019).

Untuk tahun ini, BMKG memprediksi hujan disertai petir dan angin kencang akan mewarnai perayaan Hari Imlek di sejumlah wilayah, khususnya DKI Jakarta. 

Laman BMKG merinci, wilayah Jakarta Utara juga berpotensi mengalami hujan lokal pada siang hari.

Kendati seluruh wilayah Jakarta diperkirakan diguyur hujan pada Selasa siang, cuaca cerah berawan diprediksi akan terjadi pada pagi hari.

Adapun Tangerang diperkirakan berawan pada siang namun salah satu daerah penopang DKI Jakarta ini diprediksi diguyur hujan lokal pada Selasa malam. Berbeda dari Tangerang, wilayah Bekasi, Depok dan Bogor akan hujan ringan pada siang dan berawan pada malam hari.

BMKG memprediksi suhu udara di lima wilayah Jakarta berkisar antara 25 sampai 32 derajat Celcius, dengan kelembaban udara 65 sampai 95 persen.

Sementara itu, suhu di daerah Bekasi, Depok, Tangerang dan Bogor diperkirakan antara 22 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembaban udara 55 sampai 95 persen.

Tags : imlek
Rekomendasi