Kebakaran Kala Perayaan Imlek di Wihara Samudra Bhakti Bandung

| 05 Feb 2019 13:54
Kebakaran Kala Perayaan Imlek di Wihara Samudra Bhakti Bandung
Ilustrasi (era.id)
Bandung, era.id - Kebakaran melanda Wihara Samudra Bhakti di Jalan Kelenteng Kelurahan Ciroyom, Kota Bandung. Sebanyak 12 unit mobil kebakaran dikerahkan ke sana untuk memadamkan api.

"Untuk memadamkan api, kita kerahkan 12 unit, dua mobil tangki air dan sisanya pancar," kata salah seorang petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Ghia Handika, di lokasi kejadian, di Bandung, dilansir Antara, Selasa (5/2/2019).

Laporan kebakaran ini diterima petugas sekitar pukul 10.41 WIB. Saat peristiwa itu terjadi, perayaan Tahun Baru Imlek, sedang terjadi di wihara tersebut. 

Dugaan sementara, api berasal gudang penyimpanan lilin yang sedang menyala di dalam wihara hingga menyebar ke bagian lain wihara tersebut.

Sementara itu, di lokasi kejadian, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, api berhasil dipadamkan pada pukul 13.00 WIB. 

Dia mengatakan, untuk memadamkan api, petugas pemadam kebakaran membagi tiga tim yang terdiri dari, tim memadamkan api, tim yang melakukan isolasi agar api tidak merembet ke tempat lain, serta tim evakuasi yang bertugas mengevakuasi orang-orang, hewan dan dokumen-dokumen di lokasi kebakaran.

Fredi mengatakan, kobakaran api di dalam vihara cepat menyebar karena objek yang terbakar mengandung bahan kimia dan sesuatu yang mudah terbakar sehingga merembet pada bangunan-bangunan sekitarnya.

Sementara itu salah seorang saksi mata yang hendak beribadah di Vihara Samudra Bhakti, Himawan mengaku kaget karena saat sedang beribadah kobakaran api terlihat di dalam vihara.

"Iya tadi kami lagi sembahyang, tapi tiba-tiba ada api dan asap dari belakang. Kami langsung keluar panik. Saya lihatnya api dari gudang penyimpanan lilin sumbangan yang besar-besar itu. Di sana tempat bakar lilin," kata Himawan.

Rekomendasi