Kumpulkan Sampah Plastikmu, Tukarkan Jadi Emas

| 05 Feb 2019 20:12
Kumpulkan Sampah Plastikmu, Tukarkan Jadi Emas
Ilustrasi (Pixabay)
Bandung, era.id - Jangan lagi buang sampah plastikmu. Mungkin kalau alasannya karena bahaya sampah plastik yang sudah level mengkhawatirkan, itu sudah klise. Tapi bagaimana dengan ini, karena sampah plastik bisa bikin kami tajir.

Bagaimana, sudah tertarik? Oke kami lanjut. Khusus buat warga Jawa Barat, kamu bisa investasi emas dengan mengumpulkan sampah. Ini semua bisa terjadi berkat kerjasama Pemprov Jabar dan PT Pegadaian.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bilang, program tadi sudah dilaunching secara informal di Bekasi beberapa waktu lalu.

"Ini terobosan di mana sampah plastik bisa dikonversi jadi emas," kata pria yang akrab disapa Emil ini seperti dilansir dari laman resmi Pemprov Jabar.

".. sampah plastik industrial seperti botol bekas minuman, dikumpulkan lalu nanti dikumpulkan oleh bank sampah dan hasilnya untuk sekian kilo bisa ditukar dengan 0 koma sekian sekian gram emas," lanjut Emil.

Kang Emil percaya, terobosan ini bisa berdampak pada pengurangan sampah plastik yang dinilai masih banyak dan menjadi limbah. Apalagi imbauan menjaga lingkungan dari sampah plastik dengan iming-iming menarik.

"Ya ujung-ujungnya adalah mengurangi limbah plastik yang masih banyak kan di sekitar kita. Tetapi dengan terobosan seperti ini, pengurangan di tingkat masyarakat menjadi semakin menarik. Orang nanti bisa memiliki modal menikah dengan sampah," kelakar Kang Emil.

Secara besar-besaran nanti akan dilaunching untuk seluruh Jabar, program konversi sampah plastik manjadi emas. Hanya saja, memang belum ada penjelasan detail soal jumlah emas yang didapat dari hasil konversi sampah plastik.

Sampah plastik di Indonesia memang sudah menjadi persoalan teramat serius. Hewan-hewan yang hidup di laut, merasakan betul dampak sampah plastik. Bahkan ada yang sampai mati akibat tak sengaja mengonsumsinya.

Tags : sampah
Rekomendasi