TKN: Meme Informatif Efektif Tepis Isu Negatif

| 08 Feb 2019 17:07
TKN: Meme Informatif Efektif Tepis Isu Negatif
Ilustrasi (@Anjelo08142224)
Jakarta, era.id - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani mengungkapkan saat ini pihaknya sedang gencar lakukan kampanye di media sosial dengan menggunakan meme.

Anggota Komisi III DPR itu menilai, cara kampanye seperti ini terbukti efektif menepis isu negatif yang dituduhkan kepada Jokowi.

"Masyarakat kita kan kalau dikasih uraian berita yang panjang malas baca yang paling senang kan kalau dikasih meme. Kemudian memberikan kata singkat di sana," katanya, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/2/2019).

 

Menurut Arsul, meme informatif seperti ini juga sudah ditetapkan di beberapa media mainstream atau arus utama. Bagaimana, penyajian fakta dan data dengan grafis seperti meme terbukti lebih ampuh diserap masyarakat.

"Menyampaikan soal isu impor pangan khususnya impor beras dengan perbandingan sejak zaman Pak Harto, Megawati kemudian Pak SBY dan sekarang Pak Jokowi nah ini yang bagus," terangnya.

Arsul menjelaskan, tidak hanya meme informatif, TKN juga fokus berkampanye di media sosial. Menurut dia, popularitas Jokowi yang unggul di media sosial harus diimbangi dengan kampanye-kampanye yang informatif.

"Kami pergunakan untuk mengimbangi hoaks ujaran kebencian dan fitnah selama ini ditunjukan atau dilabelkan kepada Pak Jokowi itu lebih banyak," tutupnya.

 

Rekomendasi