Arus Balik Politik dan Dukungan Akademisi Buat Jokowi

| 11 Feb 2019 12:24
Arus Balik Politik dan Dukungan Akademisi Buat Jokowi
Presiden Jokowi di acara Deklarasi Dukungan Alumni Trisakti (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Sejumlah gerakan deklarasi yang dilakukan kalangan akademisi terhadap calon presiden dan wakil presiden menjadi sebuah fenomena yang belakangan terus terjadi. Menurut kubu 01, fenomena ini merupakan arus balik politik.

Hal itu dikemukakan Juru Bicara Tim Kampanye (TKN) 01, TB Ace Hasan Syadzily. Dia bilang, deklarasi dukungan dari kalangan akademisi merupakan capaian penting bagi pasangan manapun.

Bayangkan, para akademisi yang terklasifikasi sebagai kelas menengah atas ini sebelumnya memilih diam, tak menyatakan dukungan terbuka. Nah, makanya, ketika kubu 01 mendapat dukungan terbuka, jelas itu adalah capaian penting bagi langkah politik Jokowi dan Ma'ruf.

"Mengapa mereka akhirnya bangkit mengambil posisi? Karena mereka muak dengan cara berpolitik menebar hoaks, membangun kecemasan dan menakut-nakuti publik. Mereka muak dengan cara berpolitik seperti itu," kata Ace dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/2/2019).

Politikus Partai Golkar ini juga menyebut, para alumni dan akademisi terdiri dari orang-orang yang tahu mana fakta dan mana fiksi. Tak hanya itu, akademisi itu merupakan kelompok yang kritis dan tidak mudah untuk dirayu dengan sandiwara. Ace juga menilai, kelompok ini juga tidak takut dengan model propaganda ala firehose of falsehood.

"Para alumni itu sangat gerah jika bangsa ini akan dibawa kepada kepunahan dan pesimistik. Mereka harus mengekspresikan sikap politiknya dengan memberikan dukungan kepada Pak Jokowi. Pak Jokowi telah banyak menorehkan prestasi untuk bangsa ini."

Deklarasi yang terus dilakukan oleh akademisi ini merupakan tanda semangat kerelawanan. Apalagi, biasanya mereka merancang acara sendiri, dengan sumber pembiayaan sendiri, dengan tenaga relawan.

"Yang hadir juga bersemangat voluntarisme karena mereka ingin mendukung orang baik tetap menjadi presiden."

Anggota DPR RI ini juga bilang, dukungan akademisi ini dianggap mampu memengaruhi swing voters atau undecided voters. Apalagi, Ace mengklaim, suara swing voters makin menipis jelang hari pemungutan suara. 

Tak hanya itu, suara swing voters dari pendukung paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, juga sudah mulai melirik dan mulai mendukung paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Mereka sadar bahwa Pak Jokowi tidak boleh sendirian dalam menghadapi semburan hoaks, kebohongan dan pesimisme. Mereka bangkit dengan memberikan dukungan tersebut," ungkapnya.

Supaya kalian tahu, sejumlah akademisi maupun alumni terus memberikan dukungan terhadap paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Terbaru, Jokowi dan Ma'ruf menerima dukungan dari alumni Universitas Trisakti pendukung Jokowi dan SMA bersatu dukung Jokowi. 

Tak hanya itu, beberapa lulusan perguruan tinggi lain di sejumlah wilayah di Indonesia pun telah memberikan dukungan kepada calon petahana tersebut.

Rekomendasi