Sesama Pengidap Kanker, Sutopo Doakan Ani Yudhoyono

| 14 Feb 2019 17:41
Sesama Pengidap Kanker, Sutopo Doakan Ani Yudhoyono
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho tengah menjalani kemoterapi kedelapan kalinya di RSPAD Jakarta.

Pada hari yang dianggap sebagai perayaan kasih sayang oleh sebagian orang ini, Sutopo mengirimkan doa kepada Ani Yodhoyono, yang juga tengah menjalani pengobatan atas penyakit kanker darah.

Sutopo merasa mungkin dirinya bukan siapa-siapa bagi istri Susilo Bambang Yudhoyono tersebut. Ini hanya sebatas doa sesama pengidap penyakit kanker dari Sutopo yang mengidap kanker paru stadium 4B sejak setahun yang lalu.

"Saya sebagai penyintas kanker, memahami bagaimana sakitnya secara lahiriah dan batiniah ketika dokter memvonis sakit kanker. Rasa shock, bingung dan sedih pasti memenuhi benak kita," curhat sutopo kepada wartawan, Kamis (14/2/2019).

Sutopo bilang, perlu kesabaran dan kekuatan menghadapi ujian yang berat ini. Yang penting, kata dia, Ani harus ikhlas dan semangat. Jangan putus asa dan menyerah. 

 

"Ibu Ani, sakit kanker darah tanda Allah sayang sama Ibu. Allah sedang menguji kesabaran, kekuatan dan takwa kita agar kita senantiasa berdoa, meminta belas kasihan dan mengangkat sakit kita tanpa meninggalkan sakit yang lain," ungkapnya.

Sutopo menyadari, sakit kanker berarti kualitas hidup harus lebih baik. Jaga pola makan dan hindari makanan yang disukai kanker. "Hindari gula kalau perlu tidak usah konsumsi lagi. Makan-makanan yang dibakar, berpengawet dan kimiawi dihindari. Perbanyak buah dan sayur. Dan yang tak kalah penting tetaplah berpikir positif," kata dia.

Maka, Sutopo bilang, tetap semangat untuk Ibu Ani. Kepada SBY, Sutopo juga mengingatkan bahwa keluarga adalah sumber penyemangat utama bagi penyintas kanker. Maka, tetaplah sabar untuk merawat dan jagalah Ani, pak SBY.

Rekomendasi