Anies Beri 10 Juta untuk Korban Kebakaran Pasar Blok A

| 06 Mar 2019 12:51
Anies Beri 10 Juta untuk Korban Kebakaran Pasar Blok A
Lokasi kebakaran pasar Blok A. (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Pagi ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi lokasi kebakaran Pasar Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ia bertemu dan mendengar keluhan dari pedagang yang kiosnya terbakar.

Kepada pedagang, Anies berjanji, Pemprov DKI Jakarta segera turun tangan untuk mencari solusi. Ia bilang, akan menyiapkan tempat pengganti berdagang sementara untuk mereka.

"Ancar-ancarnya, sekarang (pindah) ke pasar Pondok Indah kan. Tapi nanti kita musyawarahkan dengan koperasi dan Pasar Jaya siang ini agar suasananya lebih tenang, karena mereka dalam suasana terkejut saat ini," ucap Anies di lokasi, Rabu (6/3/2019).

Selain itu, Anies berjanji akan memberikan bantuan untuk pembiayaan permodalan yang akan diurus oleh PD Pasar Jaya. Pemodalan ini diberikan kepada 60 pedagang yang kiosnya terdampak.

"Akan disiapkan sekitar 10 juta untuk para pedagangnya, sehingga bisa jadi modal awal untuk mereka memulai usaha. Jadi, kami tidak lepas tangan. Itu bukti Pasar Jaya tidak lepas tangan," jelas dia.

Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin yang mendampingi Anies menjelaskan, saat ini pedagang yang aktif di Pasar Blok A hanya sisa 60 dari 415 kios yang telah disediakan. Pasalnya pasar ini hanya menjadi Tempat Penampungan Sementara (TPS) saja.

"Memang yang aktif saat ini pedagang tinggal 60, karena memang ini TPS yang sudah cukup lama. Sudah mau masuk tahun keempat menunggu pembangunan di Pasar Blok A Fatmawati yang sesungguhnya," ucap Arief.

Ia pun menduga penyebab utama kebakaran yang melalap 3 lantai Pasar ini adalah korsleting listrik. "Dugaannya masih kita coba selidiki seperti apa, tetapi korsleting listrik memang salah satu yang mungkin menjadi penyebab ini terjadi," ucapnya.

Untuk kamu tahu, subuh tadi, tepatnya pukul 04.35 WIB, Kebakaran terjadi di Blok A Pasar Kebayoran, Jakarta Selatan. Sebanyak 18 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan si jago merah.

Petugas mendata sebanyak 414 kios yang hangus terbakar. Diduga, kebakaran ini disebabkan korsleting listrik. Tidak ada korban akibat kebakaran ini.

Rekomendasi