01 dan 02 dalam Ribut-ribut Lokasi Penghitungan Suara

| 27 Mar 2019 14:19
01 dan 02 dalam Ribut-ribut Lokasi Penghitungan Suara
Debat capres (Mahesa/era.id)

Jakarta, era.id - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Arsul Sani bilang, penyelenggara pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah diberikan kewenangan dalam UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum (Pemilu).

Arsul menjelaskan, pihaknya tidak mempermasalahkan di mana pun KPU memutuskan tempat sebagai lokasi penghitungan surat suara nanti.

“TKN itu secara prinsip hal-hal yang merupakan kewenangan dari penyelenggara pemilu itu sudah diberikan kewenangan dalam UU nomor 7 tahun 2017, itu kita percayakan kepada KPU,” tuturnya, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Supaya kalian paham, perdebatan mengenai lokasi penghitungan suara ini muncul pertama kali, dari pihak Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. BPN tidak setuju jika penghitungan suara dilakukan di hotel Borobudur Jakarta.

Arsul menilai, dalam pembahasan UU nomor 7 tahun 2017 di komisi II DPR RI, kepanjangan-kepanjangan tangan dari partai atau dari tokoh tertentu sudah setuju bahwa KPU diberi kewenangan mengatur pemilu.

“Habis itu pingin men-drive, ingin menyetir KPU. Jangan di sini, di sana gitukan. Kalau kami ya kita serahkan saja, kita percayalah yang jelas KPU akan memilih tempat yang baik. Tidak angker untuk penghitungan suara udah kita percaya itu aja. Apakah itu di hotel, di gedung, ya itu kita percayakan aja sama KPU,” katanya.

Artinya, kata Arsul, bagi TKN yang penting adalah fasilitas dalam hal ini komsumsi untuk penyelenggara pemilu yang menjaga surat suara terpenuhi.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Amien Rais meminta proses rekapitulasi hasil Pemilu 2019 tidak dilaksanakan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Sebab, kata dia, hotel tersebut terdapat banyak 'jin'.

Amien Rais menjelaskan, maksud dari banyaknya genderuwo atau jin di hotel tersebut. Maksud dia, dikhawatirkan lokasi tersebut rawan terkena hacker.

Namun, komisioner KPU Viryan Aziz bilang, rapat pleno penghitungan suara dilakukan secara terbuka. Jadi, katanya, tidak ada masalah untuk penentuan tempat. Viryan menjelaskan, juga telah memutuskan akan melakukan penghitungan suara di kantor KPU. Namun, keputusan ini bukan didasari adanya tuntutan atau permintaan.

Tags : pemilu 2019 kpu
Rekomendasi