Mari Berharap Debat Pilpres Malam ini Lebih Menarik

| 30 Mar 2019 16:01
Mari Berharap Debat Pilpres Malam ini Lebih Menarik
Ilustrasi era.id
Jakarta, era.id - Dua capres yang berlaga di Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto kembali akan berduel. Bukan saling baku hantam, melainkan berdebat dengan isu yang sudah ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Tema debat keempat yang diadakan di Hotel Shangrilla, Jakarta, ini akan membahas visi-misi para capres terkait pertahanan dan keamanan, ideologi, pemerintahan, serta hubungan internasional. 

Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir menyebut debat yang akan dijalankan oleh capres jagoannya itu akan lebih menarik. Dia menyebut, meski saat ini capres nomor urut 01 Jokowi sedang sibuk kampanye terbuka, tapi persiapan debat terus dilakukan. 

"Alhamdulillah, hari ini beliau bisa istirahat. Beliau bisa simulasi (debat) sekalian juga mulai melihat bahan-bahan yang akan menjadi bahan debat. Insya Allah debat besok pasti menarik lagi," kata Erick Thohir saat ditemui di Jakarta, Jumat (29/3/2019) malam.

Pengusaha ini mengaku, ada beberapa hal yang akan jadi titik berat capres petahana dalam debat itu meski tak menjelaskan lebih jauh. Mantan Ketua INASGOC ini juga bilang, Jokowi enggak akan melulu tampil menyerang dalam debat. 

Kata Erick, kalau pun menyerang pasti capres jagoannya itu akan menampilkan data dan fakta seperti yang sudah-sudah.

"Kan ofensif dengan fakta dan data. Kalau kita melihar debat sebelumnya, ketika paslon 02 selalu menyampaikan memojokkan 01 mengenai lahan, yang dijawab kan jelas bahwa pemerintahan Pak Jokowi-JK membagi lahan itu merupakan keberpihakan kepada rakyatnya."

Sedangkan soal pertahanan, Erick menyebut, capresnya itu malah sudah unggul daripada capres 02 Prabowo Subianto yang berpengalaman di bidang militer. Sebab, pertahanan itu enggak cuma soal militer saja. 

"Pertahanan sebuah negara tidak hanya militer tetapi bertahan dari segi ekonomi, segi daripada kebutuhan masyarakat dan terbukti Pak Jokowi itu kan bukan teori."

Ma'ruf yakin pasangannya menang

Jokowi yang akan menghadapi debat keempat malah tampak santai dan bertanya balik saat ditanya soal persiapan debat. "Dilihat saja besok malam, dilihat saja besok malam. Apa sih yang harus disiapkan?" kata dia kepada wartawan di Bogor, Jumat (29/3/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini bilang, kalau memang diperlukan, dalam debat ini dia akan memaparkan sejumlah data dan fakta. Apalagi, kalau ditanyakan oleh capres penantangnya yaitu Prabowo Subianto.

"Ya tergantung pertanyaannya, kalau enggak ditanya data, masa ngeluarin data," ungkap Jokowi.

Sementara, cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin bilang, dia yakin Jokowi mampu memenangkan debat tersebut. Bahkan, kata Mustasyar PBNU ini, meski Prabowo pernah berkecimpung di dunia militer tapi keunggulan tetap ada di tangan Jokowi. Soalnya, Jokowi sudah berpengalaman menghadapi keamanan nasional.

"Pengalaman (Prabowo) itu sebagai militer tapi sebagai pengambil kebijakan di dalam rangka membangun persenjataan alutista, strategi keamanan nasional, itu saya kira Pak Jokowi lebih berpengalaman sebagai presiden," ungkap Ma'ruf.

Mantan Rais Aam PBNU ini yakin, tema debat yang akan dilakukan oleh Jokowi itu sudah menancap benar-benar di kepala capres petahana tersebut. Sehingga dia memastikan kemenangan bagi Jokowi dalam debat itu.

"Pastilah Pak Jokowi menang, yang diperdebatkan itu yang sudah ada di kepala beliau," ungkapnya.

Ma'ruf akan hadir sebagai penonton dalam debat capres nanti. Ma'ruf mengaku ingin memberi support bagi pasangannya tersebut. "Nonton lah. Selalu memberi support."

Supaya kalian tahu, debat keempat ini hanya akan dilakukan oleh dua capres. Debat ini ditayangkan di beberapa stasiun televisi seperti Metro TV, SCTV, dan Indosiar. Moderator dalam debat ini adalah Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi yang merupakan jurnalis senior dari grup Emtek. 

 

Tags :
Rekomendasi