Jokowi: Tiap Salaman, Saya Enggak Pakai Sarung Tangan

| 09 Apr 2019 16:43
Jokowi: Tiap Salaman, Saya Enggak Pakai Sarung Tangan
Kampanye Jokowi di Bandung (era.id)
Bandung, era.id - Calon presiden 01, Joko Widodo mengaku sangat menikmati kala bisa bersalaman dengan warga saat kampanye. Tanpa batas, termasuk tak gunakan sarung tangan, Jokowi bisa bebas berinteraksi dengan warganya. 

"Karena kalau saya ke desa, ke kampung, di Jawa Barat, saya salaman itu saya rasakan... Saya salaman ngga pakai sarung tangan,” kata Jokowi di Gedung Budaya Sabilulungan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/4/2019).

Ucapan itu pun langsung mengundang gelak tawa ribuan buruh yang hadir. Jokowi memang datang ke sini secara khusus untuk bertemu dengan ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

Mengapa mereka tertawa? Diduga ucapan Jokowi itu mengarah kepada sosok pesaingnya, Prabowo Subianto. Beberapa waktu lalu, memang sempat terekam kalau Prabowo gunakan sarung tangan kala salaman dengan warga. Namun Prabowo berkilah kalau tangannya sedang sakit.

"Setiap salaman saya rasakan, oh ini dukung. Salaman lagi, dukung. Saya ini kan sudah salaman berjuta-juta orang, jadi ngerti mana yang dukung mana yang tidak, kerasa,” imbuh Jokowi. 

“Kalau nyalaminnya gini (menirukan gaya bersalaman), (orang) ini ngga dukung. Kalau nyalaminnya setengah-setengah, (orang) ini masih ragu-ragu. Tapi di sini saya salaman dari ujung sana sampai ujung sini, dukung semuanya,” jelas Jokowi yang diikuti dengan sorak-sorai para pendukungnya.

Khusus perolehan suara, Jokowi sadar tahun 2014 lalu, perolehan suaranya kalah dibanding Prabowo. Tapi kali ini, Jokowi hakul yakin bisa mendapatkan suara jauh lebih tinggi pada pemilihan tahun 2019. 

“Tahun ini, dengan antusiasme dan semangat hari ini, saya yakin insya Allah di atas 60 persen. Asal seluruh buruh bersatu semuanya bergerak, setuju?" kata Jokowi. 

“Kalau saya lihat semangatnya hari ini, angka 60 persen itu bukan sesuatu yang sulit. Dari 40 (persen) meloncat ke 60 (persen), feeling saya mengatakan itu akan bisa kita capai,” ucap Jokowi.

Rekomendasi