Alasan Warna Putih Jadi Favorit Paslon di Pemilu 2019

| 14 Apr 2019 11:46
Alasan Warna Putih Jadi Favorit Paslon di Pemilu 2019
Pasangan capres-cawapres Pemilu 2019 saat menghadari deklarasi kampanye damai yang digelar KPU (Diah/era.ida)
Jakarta, era.id - Masa kampanye Pemilu 2019 sudah lewat. Hari ini, Minggu (13/4/2019), memasuki masa tenang. Artinya, sudah tidak boleh lagi yang ada kampanye.

Pada masak kampanye ini, paslon peserta Pemilu Presiden kerap menggunakan pakaian berwarna putih. Penasaran, apakah ada makna khusus yang terkandung di dalamnya?

Dilansir Antara, Minggu (13/4/2019), konsultan fesyen Amy Wirabumi mengatakan, warna putih memang identik dengan kemurnian, kesucian, kejujuran, dan sesuatu yang bersih.

Baik pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin maupun pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, ingin menyampaikan sebuah komunikasi atau pesan melalui warna baju yang dikenakan dalam masa kampanye, khususnya pada kampanye akbar yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta. Keduanya menggelorakan 'Putihkan GBK'.

"Secara simbol memang lebih pada soal, suci, bersih, jujur gitu. Kalau kita bicara branding, sebetulnya harusnya konsisten, sih, dengan brand yang dibangun. Cuma kita juga tahu ada strategi apa yang dibangun sama masing-masing capres ini," kata Amy.

"Kalau kemarin tiba-tiba Prabowo-Sandi pakai putih juga, mungkin Prabowo-Sandi ingin menyampaikan bahwa dia ingin orang melihat fair, jadi disamaain aja dengan baju yang sama akhirnya orang melihat kelebihannya masing-masing apa," lanjutnya.

Selain dimiliki oleh hampir semua orang, busana berwarna putih juga dianggap sebagai sebuah simbol kesederhaan.

"Kemeja putih adalah hal yang sangat mudah diikuti dan semua orang pasti punya dan sederhana juga, mau yang harganya paling murah dan mahal ada. Jadi, untuk rakyat banyak menjadi tidak sulit," jelas Amy.

Mantan jurnalis majalah fesyen ini juga mengatakan bahwa sekarang orang tidak ragu untuk mengenakan kemeja putih untuk keseharian.

"Baju putih sekarang udah jadi tren. Kemeja putih itu kayak item must have. Dulu-dulu orang jarang beli kemeja putih untuk keseharian tetapi sekarang banyak yang pakai," ujar Amy.

Rekomendasi